oleh

Liverpool Geser Arsenal di Puncak Klasemen EPL

Liverpool menunjukkan mental juara ketika tampil di St Mary’s Stadium melawan Southampton, Minggu (2/3) dini hari WIB, dalam lanjutan Liga Primer Inggris. The Reds mampu menghajar tuan rumah The Saints dengan skor telak 3-0 dan sukses melejit dua tangga dan bertengger di urutan kedua klasemen sementara EPL.

Gol Luis Suarez di awal babak mampu ditambah Raheem Sterling dan penalti Steven Gerrad di babak kedua sehingga membawa pasukan Brendan Rodgers mampu menggeser Arsenal, yang beberapa jam sebelumnya takluk dari Stoke City. Jarak mereka dengan sang pemuncak Chelsea pun tinggal terpaut empat poin. Sementara anak asuh Mauricio Pochettino masih tertahan di peringkat sembilan dengan raupan 39 poin.

Babak Pertama

Mengetahui Arsenal kalah dan bisa merebut posisi runner-up dengan kemenangan di laga ini, Liverpool mengawali laga dengan cukup baik. Di menit ketujuh, Daniel Sturridge sempat nyaris menemukan kaki Luis Suarez untuk menembak, namun Jose Fonte dengan brilian mampu membaca umpan tersebut.

Liverpool terus menekan dan berbuah hasil di menit 16. Siapa lagi kalau bukan Suarez yang mencatatkan penampilan ke-100 bersama Liverpool di EPL. Sang topskor merangsek ke kotak penalti Southampton, sambil bekerja sama dengan Sturridge, sebelum striker Uruguay itu menceploskan bola melewati Artur Boruc.

Gol dari tim tamu membuat Southampton tersengat. Giliran mereka yang menguasai jalannya laga. Sepakan Rickie Lambert di menit 26 masih melenceng, lalu diikuti dengan dua peluang emas berturut-turut oleh Adam Lallana di menit 30-an. Dan hanya beberapa menit setelah peluang itu, Jay Rodriguez mengancam gawang Simon Mignolet lewat tembakan chip yang masih melebar.

Diserang terus, Liverpool mencoba bangkit di tengah gempuran The Saints. Tendangan setengah voli Suarez, memanfaatkan umpan Sturridge, masih bisa ditangkap sempurna oleh Boruc. Berikutnya, tuan rumah kembali mengancam lewat sepakan Morgan Schneiderlin yang masih melebar dan juga tembakan Rodriguez yang masih bisa ditepis Mignolet. Hingga babak pertama berakhir, skor 1-0 masih tersaji.


Kombinasi Luiz Suarez dan Raheem Sterling mampu menjadi pembeda di laga ini.


Babak Kedua

Usai jeda, Southampton kembali menampilkan performa serupa dengan terus bermain menyerang. Masuknya Gaston Ramirez semakin menunjukkan upaya nyata tuan rumah untuk menemukan gol penyama. Sang pemain pengganti menunjukkan kontribusinya lewat pergerakan yang mampu merepotkan Daniel Agger dan Glen Johnson di sisi kiri pertahanan Liverpool.

Akan tetapi, justru tim tamu yang mampu mencuri gol di tengah upaya keras Southampton itu. Baru satu menit dimasukkan, Raheem Sterling mampu memperbesar keunggulan The Reds.Berawal dari umpan cerdik Steven Gerrard kepada Suarez, sang bomber lalu menusuk pertahanan tuan rumah sambil melewati Dejan Lovren, sebelum melepas umpan matang kepada Sterling. Sang youngster pun dengan mudah mencetak gol lewat sentuhan pertamanya di laga ini.

Gol tersebut membuat serangan Southampton mengendur dan membuat Liverpool berkesempatan menambah pundi-pundi golnya. Di menit 70-an, tim tamu secara bertubi-tubi menyerang dan mendapat tiga peluang bagus. Peluang pertama gagal setelah upaya Suarez berakhir dengan tembakan Jordan Henderson yang masih melebar, diikuti dengan dua penyelamatan cemerlang Boruc untuk menggagalkan tembakan Gerrard dan Suarez.

Memasuki sepuluh menit terakhir, tempo permainan sedikit melambat. Liverpool tampak ingin mengunci kemenangan ini dengan merapatkan pertahanan sambil membiarkan tuan rumah menguasai bola. Meski bola terus berada di wilayah pertahanan mereka, Liverpool mampu bertahan dengan baik.

Hingga menyentuh masa injury time, tim tamu akhirnya sanggup melakukan serangan dan Suarez terpaksa dijatuhkan di kotak terlarang oleh Fonte. Gerrard pun dengan tenang mengeksekusi penalti ini untuk mengunci kemenangan. Skor akhir 3-0 untuk kemenangan The Reds. Raupan tiga angka yang otomatis membuat mereka melejit ke posisi kedua menggeser Manchester City dan Arsenal.

Susunan Pemain:

Southampton (4-2-3-1): Boruc, Chambers, Fonte, Lovren, Shaw, Cork (Wanyama 77′), Schneiderlin, Davis (Ramírez 46′), Lallana, Rodriguez, Lambert (Gallagher 76′)
Cadangan:
 Gazzaniga, Clyne, Yoshida, Ward-Prowse

Liverpool (4-3-3): Mignolet, Johnson, Flanagan, Agger, Skrtel, Gerrard, Allen, Henderson, Coutinho (Sterling 57′), Sturridge (Aspas 85′), Suarez
Cadangan:
 Jones, Toure, Cissokho, Moses, Teixeira