oleh

Lionel Messi mengungguli Cristiano Ronaldo sebagai pemain terbaik La Liga

Lionel Messi mengungguli Cristiano Ronaldo sebagai pemain terbaik La Liga musim 2012/13 di gala tahunan LFP, namun bintang Real Madrid tersebut juga sukses menyabet penghargaan sebagai ‘the most valuable player’ (MVP).

Messi sendiri telah memenangi penghargaan itu sebanyak lima kali secara beruntun, sementara rekan setimnya Andres Iniesta dinobatkan sebagai gelandang serang terbaik di La Liga untuk kali keempat dalam lima musim terakhir.

Secara mengejutkan, Ronaldo, yang difavoritkan meraih gelar Ballon d’Or tahun ini, melewatkan gong pemain terbaik. Namun ia diberi trofi MVP di edisi kelima dari seremoni ini, yang diselenggarakan oleh pengelola La Liga.

“Ini merupakan sebuah kehormatan dan sebuah kebanggaan karena menerima penghargaan ini,” ujar pria 28 tahun tersebut dalam sebuah pidatonya. “Saya harus berterima kasih kepada rekan setim saya dan Madrid dan semua orang di belakang penghargaan ini seperti keluarga saya. Saya akan mencoba untuk tetap fit guna memenangi lebih banyak penghargaan di tingkat kolektif dan level individu.”

Pemain Madrid lainnya Asier Illarramendi menggondol dua gelar di hari Senin, yakni sebagai gelandang terbaik dan pemain muda paling menonjol di musim kemarin.

Bek terbaik juga melayang ke Madrid, dengan Sergio Ramos yang suskes meraih penghargaan tersebut sebanyak dua kali secara beruntun.

Diego Simeone mengungguli Tito Vilanova dan Jose Mourinho untuk gelar pelatih terbaik atas keberhasilannya meraih trofi Copa del Rey dan juga finis di urutan ketiga La Liga.

Penjaga gawang Rojiblancos Thibaut Courtois, terpilih sebagai kiper terbaik. Sementara pemain cadangan Madrid Iker Casillas membawa pulang gelar fair play.