oleh

Latihan perdana timnas U-23 masih belum lengkap diikuti pemain

Sedikitnya tujuh pemain masih belum bergabung ke pemusatan latihan (TC) tim nasional Indonesia U-23 di Stadion Gajayana, Malang, yang baru dimulai kemarin. Dari tujuh pemain yang absen tersebut, lima diantaranya penggawa Persebaya Surabaya.

Lima pemain Bajul Ijo yang absen, yakni Novri Setiawan, Manahati Lestusen, Alfin Tuasalamony, Dedi Kusnandar, serta Fandi Eko Utomo. Sementara dua pemain lain yang absen adalah Yandi Sofyan Munawar dan pemain senior Ahmad Bustomi yang masih cedera.

Meskipun masih banyak pemain absen pada latihan perdana ini, pelatih timnas U-23 Aji Santoso mengaku tak risau. Menurut Aji, semua pemain yang absen sudah meminta izin padanya, dan akan mulai berlatih, Sabtu (5/7).

“Mereka [pemain Persebaya] sudah izin. Persebaya ada pemain baru yang diseleksi, jadi perlu latihan game lapangan penuh. Tapi [Jumat] malam ini mereka akan datang ke Malang. Yandi Insya Allah besok [Sabtu] datang, saya dengar hari ini [Jumat] dia terbang dari Australia,” ucap Aji.

Pada latihan perdana ini, Aji mengaku tidak memforsir pemain untuk berlatih fisik maupun taktik. Eks kapten timnas era 90-an itu hanya menerapkan porsi latihan ringan agar pemain bisa beradaptasi dengan kondisi tubuh mereka yang sebagian besar sedang menjalani ibadah puasa.

“Pemain dalam keadaan puasa, pertama kali latihan di timnas, makanya latihan tadi kita hanya beradaptasi, dan football conditioning. Namun ke depannya, kita akan lebih keras lagi,” tambah Aji.

Rencananya selain menjalani TC di Malang akan pada kurun waktu 4-13 juli mendatang, Bayu Gatra dkk juga dijadwalkan akan menjalani laga uji coba melawan Arema Cronus pada tanggal 11 juli.