oleh

Laporan Pertandingan: Real Madrid 3-0 Levante

Tiga gol dan tiga angka kiranya cukup untuk mengukuhkan Real Madrid di puncak klaseman La Liga, Senin (10/3) dinihari tadi. Cristiano Ronaldo, Marcelo, dan Nikos Karabelas (bunuh diri) jadi pencetak gol ke gawang Levante.

Kemenangan 3-0 pun mereka kunci di Santiago Bernabeu, mengakhiri rekor 8 laga tak terkalahkan Levante di La Liga.

Babak pertama
Tirani Real Madrid langsung tampak di menit-menit awal, seiring mereka terus menekan dan memberikan ancaman. Lewat Carvajal misalnya, yang sukses melaju di sektor kanan dan melepas umpan silang ke kotak penalti. Namun, ancaman masih belum berbuah gol.

Gol baru tercipta di menit 11 dan pencetaknya bisa ditebak, Cristiano Ronaldo. Penyerang Portugal ini melompat tinggi dan menyambut sepak pojok Di Maria dengan tandukan keras. Bola memantul tanah, mengarah ke sudut kanan gawang tanpa sempat tersentuh Keylor Navas.

El Real terus menekan dan hampir saja kembali mencetak gol di menit 24 seiring Karim Benzema menerima umpan akurat Gareth Bale. Untung saja Navas mampu mengantisipasinya.

Jelang jeda, Navas kembali menjadi penyelamat Levante. Bola kiriman Marcelo ke kotak penalti sudah tepat sasaran, begitu juga tandukan Benzema. Namun aksi gemilang Navas tak membiarkan Madrid membobol Levante lebih banyak lagi. Ia mampu membelokkan tandukan Benzema dengan tangannya sehingga hanya membentur mistar gawang.

Peluit tanda turun minum dibunyikan tak lama kemudian, Madrid unggul satu gol tak berbalas.

Babak kedua
Memasuki empat menit babak kedua, Marcelo menggandakan keunggulan Madrid. Menyambut operan dari Ronaldo, bek kiri ini sedikit menari di kotak penalti, memperdaya dua bek, dan menyepak bola ke sudut gawang Navas. Skor 2-0 untuk Madrid.

Sepuluh menit kemudian, Madrid kembali mengancam lewat Benzema, namun performa Navas kembali gemilang. Sepertinya Navas memang tampil khusus menghalau Benzema, penyerang Prancis ini pun gagal menambah koleksi golnya.

Kendati begitu, mimpi buruk Levante tetap bertambah buruk. David Navarro dikartu merah usai melakukan tekel horor kepada Ronaldo. Ia pun terpaksa keluar lapangan saat laga masih berjalan sekitar 60 menit.

Keluarnya Navarro membuat Madrid semakin membombardir Levante. Berkali-kali Navas melakukan penyelamatan, begitu pula dengan mistar gawang. Namun akhirnya, gol ketiga tetap terjadi ketika Nikos melakukan gol bunuh diri. Keunggulan tiga gol pun tak terhindarkan.

Hingga menit akhir, El Real masih terus memborbardir. Namun, lagi-lagi mistar gawang menyelamatkan Levante, namun tiga gol sudah cukup untuk mengunci kemenangan Madrid. Tiga angka dikantongi, Madrid pun tetap kokoh di puncak.

SUSUNAN PEMAIN
Real Madrid: Diego López, Varane, Ramos, Ronaldo, Benzema, Bale, Marcelo, Alonso, Carvajal, Modric, Di María.
Levante: Keylor Navas, Vyntra, David Navarro, Juanfran, Nikos, Pallardó, Sis solo, Sergio, Ivanschitz, Pedro López, Barral