by

Klub-Klub Sepak Bola Yang Paling Sering Memecahkan Rekor Transfer Dunia

Kekuatan finansial memberikan pengaruh yang cukup besar dalam dunia sepakbola. Dengan dana yang tidak terbatas, sebuah klub bisa membeli pemain yang mereka inginkan meski punya harga yang sangat mahal.

Beberapa klub bahkan tercatat bersedia memecahkan rekor transfer dunia untuk mendapatkan pemain bintang. Oleh karena itu, tidak heran jika beberapa pemain pindah klub dengan menyandang status pemain termahal dunia.

Berikut ini lima klub besar yang pernah memecahkan rekor transfer dunia beberapa kali.

5. Barcelona

Meski punya banyak pemain hebat seperti Lionel Messi, Xavi, Neymar dan Thierry Henry, klub Catalan tercatat belum memecahkan rekor transfer dunia belakangan ini. Bahkan, terakhir kali mereka melakukan hal semacam itu pada tahun 1996 ketika klub mendatangkan bomber Brasil Ronaldo dari PSV dengan biaya lebih dari 13 juta pounds. Ronaldo kemudian dijual ke Inter Milan setahun dengan keuntungan lebih dari 6 juta pounds.

Terlepas dari itu, Barcelona pernah memecahkan rekor transfer pada dua kali sebelumnya. Mereka merekrut Diego Maradona dari Boca Juniors pada tahun 1982 dengan biaya tiga juta pounds dan Johan Cruyff seharga 922 ribu pounds dari Ajax pada tahun 1973. Ketiga pemain termahal dunia itu cukup sukses bersama Barcelona.

Klub asal Spanyol sebelumnya juga memecahkan rekor pemain Amerika Selatan paling mahal sepanjang masa ketika menebus Luis Suarez dari Liverpool seharga 65 juta pounds pada tahun 2014.

4. AC Milan

AC Milan adalah salah satu tim bertabur bintang di Eropa dan pernah memecahkan rekor transfer dunia untuk mendatangkan pemain berkualitas. Rekor transfer termahal pertama Milan tercatat atas nama Juan Schiaffino setelah pemain Uruguay didatangkan dari Penarol pada tahun 1954 dengan nilai setara 72 ribu pounds. Pada saat itu, Milan merupakan klub ketiga di luar Inggris yang pernah memecahkan rekor transfer dunia.

Rossoneri kemudian melakukannya lagi sebanyak tiga kali sejak transfer Schiaffino. Bintang Belanda Ruud Gullit menjadi pemain termahal dunia selanjutnya setelah ditebus dari PSV pada tahun 1987 dengan biaya sebesar 6 juta pounds. Lima tahun kemudian, raksasa Italia akan melakukannya lagi dengan mendatangkan Jean-Pierre Papin. Bomber Prancis itu adalah pemain pertama yang menembus 10 juta pounds.

Terakhir kali Milan memecahkan rekor transfer dunia pada tahun 1992 ketika memboyong Gianluigi Lentini dari Torino seharga 13 juta pounds. Pemain sayap Italia itu kemudian membuat 60 penampilan untuk Rossoneri.

3. Juventus

Pada tahun yang sama saat AC Milan memecahkan rekor transfer dunia untuk Gianluigi Lentini, Juventus sudah melakukannya terlebih dulu ketika merekrut Gianluca Vialli dari Sampdoria dengan biaya 12 juta pounds. Ini merupakan terakhir kalinya jawara Serie A itu memecahkan rekor transfer dunia.

Dua tahun sebelumnya pada tahun 1990, Juventus memecahkan rekor transfer dunia saat membeli Roberto Baggio dari Fiorentina dengan biaya 8 juta pounds. Jauh sebelum itu, mereka pernah melakukannya pada tahun 1968 ketika memboyong Pietro Anastasi dari Varese yang menjadi pemain pertama dengan harga 500 ribu pounds.

Juventus pertama kali memecahkan rekor transfer dunia pada tahun 1957 setelah memboyong Omar Sivori dari klub Argentina River Plate dengan nilai kurang dari 100 ribu pounds. Bianconeri berhasil memecahkan rekor pemain termahal Amerika Selatan pada tahun lalu ketika mendapatkan Gonzalo Higuain dari Napoli dengan biaya 75 juta pouds.

2. Inter Milan

Inter Milan mungkin sudah jarang muncul di Liga Champions, namun mereka punya kekuatan finansial sehingga pernah memecahkan rekor transfer dunia sebanyak empat kali. Terakhir kali Inter melakukannya adalah pada tahun 1999 ketika mereka memboyong Christian Vieri dari Lazio dengan biaya 32 juta pounds.

Dua tahun sebelum itu, Inter mengejutkan dunia sepakbola saat merekrut Ronaldo dari Barcelona dengan biaya 19,5 juta pounds. Kedua pemain termahal dunia ini mengisi lini depan Inter meski tidak berhasil mengingat Ronaldo kerap dihantam cedera.

Inter merekrut Dane Harald Nielsen dari Bologna pada tahun 1967 dengan rekor transfer dunia sebesar 300 ribu pounds. Pengalaman pertama Inter memecahkan rekor transfer dunia terjadi pada tahun 1961 ketika memboyong bintang Spanyol Luis Suarez dari Barcelona dengan biaya lebih dari 150 ribu pounds.

1.Real Madrid

Real Madrid memegang rekor sebagai klub yang paling sering memecahkan rekor transfer dunia (5). Setelah melakukan lima pembelian termahal dunia selama tujuh belas tahun terakhir; tidak ada klub lainnya yang menyamai rekor mereka.

Los Blancos pertama kali melakukannya pada era Galacticos ketika Florentino Perez baru diumumkan sebagai presiden klub. Mereka membuat kejutan dengan menggolontorkan 37 juta pounds untuk menembus Luis Figo pada tahun 2000 yang bermain di klub rival Barcelona.

Hanya berselang satu tahun kemudian, Madrid melakukannya lagi saat memboyong Zinedine Zidane dengan biaya 46 juta pounds dari Juventus. Memecahkan rekor transfer dunia seakan menjadi hobi Los Blancos sejak saat itu, setelah mereka membawa Kaka dari AC Milan seharga 56 juta pounds pada tahun 2009 dan juga Cristiano Ronaldo dengan nilai 80 juta pounds dari Manchester United pada musim panas yang sama .

Rekor transfer dunia terbaru Madrid adalah Gareth Bale yang direkrut dari Tottenham dengan biaya 86 juta pada 2013. Rekor tersebut kemudian dipecahkan Paul Pogba pada musim panas lalu saat pindah ke ke Old Trafford dengan nilai 89 juta pounds.