by

Klub Bola Asal Papua Nugini yang Berhasil Tampil di Piala Dunia

Papua Nugini Soccer – Intip profil Hekari United, salah satu klub sepak bola semi-profesional di Liga Papua Nugini yang berhasil tampil di ajang setinggi Piala Dunia Antarklub.

Sebelum mengenal Hekari United, berikut penjelasan singkat tentang Papua New Guinea National Soccer League atau liga teratas Liga Papua Nugini yang menjadi ajang Hekari United berkompetisi.

Papua New Guinea National Soccer League sendiri merupakan kasta sepak bola teratas dari asosiasi sepak bola Papua Nugini. Ajang ini merupakan liga sepak bola semi-profesional yang dibentuk pada tahun 2006 silam.

Liga tersebut menggantikan turnamen Papua New Guinea National Club Championship, yang sebelumnya menjadi kompetisi sepak bola (bersifat amatir) terbesar di negara Papua Nugini.

Sepanjang 13 musim Papua New Guinea National Soccer League bergulir, hanya ada dua klub yang berhasil menjuarai kompetisi ini yakni Hekari United dengan delapan gelar serta Toti City yang mendapatkan lima trofi.

Sejak bergulir tiga belas tahun silam, terdapat satu juara Liga Papua Nugini yang menorehkan prestasi gemilang di Liga Champions Oseania (Liga Champions Zona Oseania) bahkan sukses mentas di ajang Piala Dunia Antarklub.

Yakni Hekari United, juara Liga Papua Nugini musim 2008 ini berhasil menjuarai ajang Liga Champions Oceania musim 2009/10 usai mengalahkan Waitakere United asal Selandia Baru dengan skor agregat 4-2 di partai final.

Hekari United atau sebelumnya dikenal sebagai POM Souths, Souths United, PRK Souths United dan Hekari Souths United tersebut merupakan klub sepak bola semi-profesional yang dibentuk tahun 2003 dan bermarkas di Port Moresby, Papua Nugini.

Klub ini memegang rekor sebagai juara Liga Papua Nugini terbanyak (delapan trofi), sekaligus mencatatkan diri sebagai tim peraih gelar beruntun terbanyak sejak musim 2006 hingga 2014.

Selain itu, gelar Liga Champions Oseania yang Hekari United dapatkan tahun 2009 silam menjadikan mereka sebagai klub Papua Nugini pertama sepanjang sejarah yang berhasil menjuarai LC OFC.

Mematahkan dominasi klub Selandia Baru yang empat musim terakhir keluar sebagai juara. Kemenangan di ajang Liga Champions Oseania juga membuat Hekari United berhak tampil di play off Piala Dunia Antarklub edisi tahun 2010.

Namun sayang pada babak penyisihan yang berlangsung Abu Dhabi tersebut, Hekari United menelan kekalahan telak dari Al-Wahda (Uni Emirat Arab) dengan skor 3-0 dan harus tersingkir lebih awal di ajang Piala Dunia Antarklub.

Meski begitu, penampilan Hekari United tetap layak mendapat apresiasi lantaran dengan usia klub yang masih seumur jagung (7 tahun pada saat itu), bahkan lahir dari kompetisi yang belum sepenuhnya profesional, mereka tetap sukses berprestasi di level benua Oseania dan mencatatkan caps di ajang setinggi Piala Dunia Antarklub.