oleh

Kick Off Piala AFF 2024 Resmi Diundur Jadi Tanggal 9 Desember

Rencana pelaksanaan Piala AFF 2024 tampaknya akan mengalami penundaan. Awalnya, turnamen sepak bola antar negara di Asia Tenggara ini direncanakan berlangsung dari 23 November hingga 21 Desember 2024. Namun, informasi terbaru menyebutkan bahwa jadwal tersebut akan diubah. Penundaan ini dilakukan untuk menghindari bentrokan dengan jadwal kompetisi antarklub Asia yang sangat bergengsi, yaitu AFC Champions League. Hal ini diungkapkan melalui akun @theaseanfootball.

“AFF berencana untuk menunda pelaksanaan Piala ASEAN 2024 dari 23 November menjadi 9 Desember. Pertandingan final kini dijadwalkan pada 5 Januari 2025, bukan 21 Desember 2024.”

Seperti yang kita ketahui, pada akhir November hingga awal Desember 2024, akan ada pertandingan penting di fase grup AFC Champions League. Beberapa klub dari kawasan ASEAN juga akan berpartisipasi dalam kompetisi ini. Mengingat betapa pentingnya turnamen antarklub Asia, Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) memutuskan untuk mengubah jadwal Piala AFF 2024. Jika Piala AFF 2024 tetap dilaksanakan sesuai rencana awal, ada kekhawatiran bahwa klub-klub akan enggan melepaskan pemain untuk membela timnas mereka. Hal ini disebabkan karena Piala AFF 2024 tidak terdaftar dalam kalender resmi FIFA, sehingga klub-klub berhak menahan pemainnya. Keputusan ini memberikan keuntungan bagi Timnas Indonesia yang dilatih oleh Shin Tae-yong, karena mereka akan memiliki lebih banyak waktu untuk mempersiapkan diri.