oleh

Kemenangan Juventus 3-1 atas FC Internazionale

Juventus belum terbendung. Kemenangan 3-1 atas FC Internazionale, Senin (3/2) dinihari WIB pun menjadi buktinya.

Kemenangan tersebut menjadi tiket bagi Juventus untuk memantapkan posisi di puncak klasemen Serie A Italia dengan 59 angka, sembilan poin lebih baik dari AS Roma.

Namun, masih ada peluang bagi Roma memperpendek jarak karena laga melawan Parma masih akan dilangsungkan nanti.

Sementara Inter tergeser ke posisi enam dengan tetap mengantungi 33 angka dari 22 laga yang sudah dijalani.

Babak I

Inter memulai laga langsung berada dalam tekanan. Berturut-turut Samir Handanovic melakukan penyelamatan penting di 15 menit pertama.

Penyelamatan pertama kiper Inter itu dengan membendung bola kiriman Carlos Tevez hingga dua kali. Kemudian, Handanovic juga memaksa Giorgio Chiellini kecewa karena kans mencetak golnya digagalkan.

Tapi gawang Inter tetap kecolongan. Umpan lambung Andrea Pirlo bisa dimaksimalkan Stephan Lichsteiner dengan sundulan setelah lepas dari jebakan offside. Juventus unggul 1-0 di menit 16.

Tekanan Juventus tak berhenti sampai di situ. Paul Pogba memberikan tekanan dan Kuzmanovic nyaris mencetak gol bunuh diri di pertengahan laga.

Tevez juga kembali mengancam Handanovic dengan tendangannya lewat serangan balik cepat.

Meski lebih banyak ditekan, Inter bukannya tanpa peluang. Di menit 40, Mateo Kovacic merangsek masuk ke pertahanan Juventus dan mengirim umpan ke Rodrigo Palacio. Sayangnya, bola tendangannya masih melambung di atas mistar.

Handanovic kembali beraksi sebelum turun minum, dengan membendung bola kiriman Kwadwo Asamoah dan Chiellini.

Babak II

Juventus langsung menekan setelah bola kembali digulirkan. Keunggulan mereka pun bertambah di menit 47 lewat tendangan jarak dekat Chiellini, yang memaksimalkan kemelut di depan gawang Inter.

Kondisi ini membuat Inter bermain lebih terbuka. Tapi, Juventus tak mudah untuk dikendalikan. Bahkan di menit 56, tim tuan rumah kembali mencetak gol.

Adalah Arturo Vidal yang melesakkan bola ke gawang Handanovic lewat tendangannya untuk membawa Juventus memimpin 3-0.

Inter belum menyerah. Di 30 menit laga tersisa, skuat asuhan Walter Mazzarri berusaha untuk terus menekan dan bisa memperkecil ketertinggalan di menit 72.

Memaksimalkan kebingungan di kotak penalti Juventus, Rolando melepas tendangan kaki kiri dan bola masuk ke sudut gawang Marco Storari tanpa ada yang mencegah.

Gol tersebut membangkitkan semangat pemain Inter. Akan tetapi, tak ada gol tambahan hingga laga berakhir dan tiga angka menjadi milik Juventus.

Susunan Pemain
Juventus: Storari, Barzagli, Bonucci, Chiellini, Lichtsteiner, Vidal, Pirlo, Pogba, Asamoah, Tevez, Llorente
FC Internazionale: Handanovic; Campagnaro, Rolando, Juan Jesus; Jonathan, Kovacic, Kuzmanovic, Taider, Nagatomo; Alvarez; Palacio