oleh

Kekalahan Telak Timnas Indonesia U-23 Atas Thailand

www.news7up.com – Rotasi besar-besaran yang dilakukan timnas Indonesia U-23 benar-benar membawa petaka. Menyusul, mereka harus mengakui keunggulan Thailand U-23 dengan skor telak 6-0, pada laga pemungkas grup E Asian Games 2014 di Stadion Incheon, Senin (22/9).

Dengan hasil ini, Indonesia U-23 harus puas duduk di posisi runner-up, dan akan bertemu Korea Utara U-23 di babak 16 besar di Stadion Goyang, 26 September nanti. Sebaliknya, kemenangan ini membuat Thailand U-23 menjadi juara grup E, dan akan berhadapan dengan runner-up grup F yang kemungkinan besar bakal ditempati Tiongkok U-23.

Babak pertama

Indonesia U-23 yang menurunkan lapis kedua, langsung tertekan. Thailand U-23 langsung menampilkan permainan menyerang dengan alur bola yang cepat. Tusukan dari sisi sayap terus dilakukan oleh para pemain Thailand U-23.

Hasilnya, skuat yang dilatih Kiatisuk Senamuang itu berhasil mencetak gol lebih dulu pada menit kesembilan melalui kaki Chananan Pombubpha, yang memanfaatkan umpan tarik Charyl Chappuis. Setelah itu, Thailand U-23 semakin bersemangat menyerang.

Sebaliknya, Indonesia U-23 kerap kesulitan untuk keluar dari tekanan, bahkan banyak melakukan kesalahan mendasar. Para pemain Thailand U-23 juga dengan mudah mengacak-acak lini pertahanan tim Garuda Muda lewat kecepatan pemain mereka.

Hingga akhirnya, tim Gajah Perang berhasil menggandakan kedudukan menjadi 2-0, lewat gol yang dilesakkan Adisak Kraisorn pada menit ke-17. Unggul dua gol, membuat Thailand U-23 semakin nyaman.

Bahkan, mereka beberapa kali mampu membahayakan lagi gawang Indonesia U-23 yang dikawal Teguh Amiruddin. Para penggawa Indonesia U-23 pun terlihat sulit mengembangkan permainan. Hingga babak pertama usai, skor tetap 2-0.

Babak kedua

Thailand U-23 kembali langsung menekan lini pertahanan Indonesia U-23. Tak ayal, beberapa peluang pun didapatkan Thailand U-23. Beruntung, masih bisa diantisipasi lini belakang Indonesia U-23.

Tendangan keras dari luar kotak penalti Chanathip Songkrasin, masih melebar di sisi kiri gawang Indonesia U-23. Chanatip akhirnya bisa mencetak gol pada menit ke-58, lewat sepakan kaki kirinya yang memanfaatkan bola muntah di kotak penalti Indonesia U-23. Skor pun berubah menjadi 3-0.

Tertinggal tiga gol, membuat skuat asuhan Aji Santoso semakin tertekan. Terlebih, para pemain Thailand U-23 tak mengendurkan serangan mereka, meski sudah unggul cukup jauh.

Memang, sesekali Bayu Gatra dan kawan-kawan bisa melakukan serangan. Tapi, selalu bisa dipatahkan dengan mudah oleh para penggawa Thailand U-23. Bahkan, Thailand U-23 kembali bisa membobol gawang Indonesia U-23 untuk keempat kalinya, lewat gol yang dicetak Kroekrit Thawikan pada menit ke-76.

Para pemain Thailand U-23 tak berhenti memberikan tekanan. Mereka terus menyulitkan lini pertahanan Indonesia U-23. Pinyo Inpinit membuat jarak semakin lebar, lewat golnya di menit ke-82.

Thailand U-23 pun semakin menguasai jalannya pertandingan. Adisak kembali memperbesar keunggulan menjadi 6-0, pada menit ke-90. Hingga pertandingan usai skor tetap 6-0.

Susunan Pemain:

Indonesia U-23: Teguh; Zaenuri, Igbonefo, Syaiful Indra, Dani Saputra; Rizky Pellu, Rasyid, Novri, Syakir, Bayu Gatra; Yandi.

Thailand U-23: Kawin; Peerapat, Narubadin, Yooyen, Promrak; Thawikan, Srinyakem, Tanaboon, Chananan, Chappuis; Chanatip.