oleh

Kamerun Lolos Ke Piala Dunia Brasil 2014 Setelah Bantai Tunisia 4-1

Kemenangan komprehensif 4-1 atas Tunisia pada leg kedua babak play-off kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Afrika, Minggu (17/11), memastikan Kamerun memesan tiket ke Brasil.

Setelah tertahan imbang tanpa gol di laga pertama, The Indomitable Lions mengamuk kala ganti menjadi tuan rumah di Stade Ahmade Ahidjo, Yaounde, dan menggelontorkan empat gol melalui torehan ganda Jean Il Makoun plus masing-masing sebiji dari Pierre Webo dan Benjamin Moukandjo. Balasan tunggal Tunisia lahir lewat aksi Ahmed Akaichi.

Langsung menggeber serangan sejak kick-off, Kamerun mendapatkan hasil konkret di menit keempat ketika Webo sukses memaksimalkan kesalahan lini belakang Tunisia dan melesakkan bola ke dalam gawang Moez Ben Cherifa.

Dominasi Kamerun yang tak mengendur diganjar oleh torehan Moukandjo tepat pada setengah jam laga. Penyerang Nancy itu beraksi melewati hadangan beberapa bek lawan sebelum melepas tembakan yang tak terbendung Cherifa untuk menggandakan keunggulan tuan rumah.

Tunisia baru mampu merespons selepas istirahat, tepatnya enam menit memasuki babak kedua, ketika Akaichi, yang masuk sebagai pemain pengganti, melancarkan tembakan setengah voli untuk memperkecil ketertinggalan jadi 2-1.

Namun, perlawanan tamu sebatas itu saja karena setelahnya Kamerun menambah dua gol lagi yang diborong Jean Il Makoun. Pertama gelandang Rennes itu menanduk masuk umpan silang trukur Benoit Assou-Ekotto di menit ke-66, sebelum menyambar bola rebound hasil tembakan Maxim Choupo-Moting yang membentur mistar, empat menit jelang bubaran