oleh

Kalau Di Italia David Moyes Sudah Dipecat Tiga Kali

Mantan manajer Chelsea asal Italia, Gianluca Vialli, heran David Moyes masih bertahan di bangku arsitek Manchester United hingga detik ini.

Pasalnya, dengan torehan buruk Setan Merah di tangannya musim ini, Vialli menyebut pria Skotlandia itu pasti sudah tiga kali kehilangan jabatannya apabila ia bekerja di Negeri Spageti.

United, juara bertahan Liga Primer Inggris, kini menghuni peringkat keenam klasemen sementara dengan jarak 15 angka dari sang pemuncak Chelsea dan 11 poin dari zona Liga Champions. Mereka telah tersingkir dari seluruh ajang piala domestik, dan terancam terdepak pula dari panggung Eropa usai menelan kekalahan mengejutkan 2-0 dari tuan rumah Olympiakos di leg pertama fase 16 besar.

Meski heran, Vialli menganggap kepercayaan yang masih diberikan United kepada Moyes sebagai hal positif karena itu menjadi bukti kesabaran tinggi dari para pemilik klub di Inggris, kontras dengan Italia yang doyan menggonta-ganti pelatih dalam tempo singkat.

“David Moyes, di Italia, pasti sudah tiga kali dipecat sekarang ini,” tutur Vialli kepada BBC Radio Four.

“Di Liga Primer Anda mendapat perasaan mereka [pemilik klub] memberikan Anda waktu lebih lama untuk menyelesaikan masalah.”

“Mereka lebih pengertian dan, yang terpenting, para pemilik klub sepakbola tidak berpikir mereka lebih paham ketimbang manajer.”