oleh

Jamu Athletic Bilbao, Barcelona Pakai Jersey Senyera

www.news7up.com – Barcelona akan memakai jersey Senyera saat menjamu Athletic Bilbao di Camp Nou dalam lanjutan Primera Division akhir pekan ini.

Ini akan jadi kali pertama Barca memakai seragam kuning merah di hadapan pendukung sendiri dalam 115 tahun sejarah klub, warna yang menggambarkan bendera Catalan.

Di saat bersamaan, Athletic juga akan tampil dengan atasan hijau, celana putih dan kaus kaki merah, yang menjadi ciri khas bendera Negara Basque, Ikurrina.

Ide memakai Senyera di laga akhir pekan yang bertepatan dengan Hari Nasional Catalunya, 11 September, pertama kali diusulkan wakil presiden institusional Carles Villarubi pada 16 Juni dan diterima oleh anggota dewan serta Presiden Josep Maria Bartomeu.

Namun, klub menegaskan untuk tidak mencampur masalah sepakbola dan politik atas keputusan ini.

“Jersey Senyera tidak digunakan karena 11 September. Kami mamakainya untuk memperingati jatuhnya Barcelona di tangan pasukan Philip V dan Prancis pada 1974,” demikian pernyataan resmi Barca.

Baik Barcelona dan Athletic telah berkonsultasi kepada Liga terkait masalah ini, dab tidak ada keberatan antara kedua tim.