oleh

Isu Pelanggaran HAM, Dua Lipa Tolak Tampil di Piala Dunia 2022

Dua Lipa dikabarkan akan tampil sebagai pengisi acara upacara pembukaan Piala Dunia Qatar 2022, namun ia membantah rumor tersebut dengan menyebutkan bahwa dirinya takkan mengunjungi Qatar sebelum kasus pelanggaran hak asasi manusia (HAM) yang terjadi disana diusut tuntas.

Dalam unggahan Instastorynya pada hari Minggu (13/11/2022), Dua Lipa menuliskan: “Saat ini banyak spekulasi bahwa saya akan tampil di upacara pembukaan Piala Dunia di Qatar. Saya tidak akan tampil di Qatar atau terlibat dalam negosiasi untuk melakukannya.”

“Saya akan menyemangati Inggris dari jauh, dan berharap untuk mengunjungi Qatar ketika telah memenuhi semua hak asasi manusia yang dijanjikan ketika memenangkan hak untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia.” ujar Dua Lipa.

Beredar kabar bahwa Qatar melakukan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) pada para pekerja migran yang mayoritas berasal dari benua Asia dan Afrika. Mereka disebut-sebut tidak mendapatkan upah serta kondisi tempat kerja yang jauh dari kata aman.

Namun pemerintah Qatar membantah hal tersebut, melalui Qatar’s Supreme Committee mereka akhirnya buka suara atas tuduhan yang ditujukan kepada mereka.

Dalam pernyataan itu, SC mengklaim bahwa mereka telah bekerja dengan tekun bersama pemerintah Qatar. Sejumlah reformasi perburuhan pun telah diterapkan dalam beberapa tahun terakhir.

Hingga saat ini, FIFA belum memberikan informasi detil mengenai siapa saja artis yang akan tampil dalam upacara pembukaan Piala Dunia 2022 tersebut.

Beredar kabar jika nama-nama musisi seperti Shakira, J Balvin, Jungkook BTS dan Black Eyed Peas akan menjadi headline dalam pertunjukkan tersebut.

Salah satu k-pop idol yang sedang naik daun, Jungkook BTS, telah mengkonfirmasi kehadirannya melalui akun twitter resmi BTS @bts_bighit

Mereka menuliskan: “Dengan bangga mengumumkan bahwa Jungkook adalah bagian dari Soundtrack Piala Dunia FIFA Qatar 2022 & akan tampil di upacara pembukaan Piala Dunia. Nantikan!,”.

Upacara pembukaan Piala Dunia 2022 Qatar sendiri dijadwalkan berlangsung pada tanggal 20 November 2022 dan bertempat di Al Bayt Stadium, Doha.