oleh

Inilah Pembagian Pot Kualifikasi Euro 2016

Minggu (23/2) siang waktu setempat di Nice, Prancis, negara-negara di Eropa akan mengetahui siapa lawan-lawan yang akan mereka hadapi di fase grup kualifikasi Euro 2016. Ya, pada pukul 12:00 CET atau pukul 18:00 WIB, UEFA akan mengadakan undian untuk menentukan penghuni Grup A hingga Grup I kualifikasi turnamen tersebut.

Nantinya dari kesembilan grup tersebut, untuk pertama kali dalam sejarah akan meloloskan 24 negara (termasuk tuan rumah Prancis) ke putaran final Euro 2016 di Prancis. Juara dan runner-updari tiap grup akan otomatis melaju ditambah dengan satu tim yang mendapat predikat peringkat tiga terbaik.

Empat slot terakhir akan diperebutkan oleh delapan tim yang finis di urutan ketiga di masing-masing grup. Kedelapannya akan dipertemukan dalam empat partai play-off, dengan pemenang di tiap partai akan lolos ke putaran final.

Keunikan dari babak kualifikasi ini adalah diikutsertakannya Prancis sebagai salah satu penghuni tak resmi Grup I. Artinya, pelibatan Les Bleus — yang notabene otomatis lolos karena berperan sebagai tuan rumah — di grup ini hanya digunakan sebagai ajang persahabatan melawan tim segrup lainnya tanpa memperoleh poin.

Selain itu UEFA akan memperkenalkan konsep baru bernama “Week of Football”, membuat laga-laga kualifikasi Euro 2016 tersebut akan tersebar secara merata selama enam hari dari hari Kamis hingga Selasa. Melalui Week of Football ini, UEFA berharap bisa meningkatkan jumlah penonton. Week of Football ini akan menjalani debut pada 7-12 September 2014 mendatang.

Juara Euro 2008 dan 2012, Spanyol, menjadi salah satu negara yang tergabung dalam pot satu yang terdiri dari sembilan negara unggulan. Bosnia-Herzegovina termasuk ke dalam pot satu ini. Adapun drawing ini juga akan melibatkan Gibraltar untuk pertama kali sejak disahkan menjadi anggota FIFA tahun lalu. Berikut pembagian pot selengkapnya:

PEMBAGIAN POT EURO 2016
Kualifikasi: 7 September 2014  17 November 2015
Putaran Final: Prancis, 10 Juni – 10 Juli 2016


Pot 1

Pot 
2

Pot 
3

Pot 
4

Pot 
5

Pot 
6
Spanyol
Jerman
Belanda
Italia
Inggris
Portugal
Yunani
Rusia
Bosnia-Herz
Ukraina
Kroasia
Swedia
Denmark
Swiss
Belgia
Rep Ceko
Hongaria
Rep Irlandia
Serbia
Turki
Slovenia
Israel
Norwegia
Slowakia
Rumania
Austria
Polandia
Montenegro
Armenia
Skotlandia
Finlandia
Latvia
Wales
Bulgaria
Estonia
Belarus
Islandia
Irlandia Utara
Albania
Lithuania
Moldova
Makedonia
Azerbaijan
Georgia
Siprus
Luksemburg
Kazakhstan
Liechtenstein
Kep Faroe
Malta
Andora
San Marino
Gibraltar