oleh

Ini Dia 10 Besar Goal 50 2013!

Simak pendapat tim editor Goal dan pengamat tentang susunan 10 besar Goal 50 tahun ini!

Lionel Messi untuk kali ketiga berhasil memuncaki Goal 50 untuk menjadi pesepakbola terbaik dalam daftar 50 pemain yang tampil gemilang sepanjang musim 2012/13.

Goal 50 diakui sebagai salah satu penghargaan yang kredibel dan dihormati di olahraga karena dipilih oleh situs olahraga terbesar di dunia. Pemungutan suara dilakukan di akhir musim kompetisi domestik dan internasional untuk mayoritas negara. Lebih dari 500 jurnalis Goal di seluruh dunia memilih 50 pemain terbaik mereka, sehingga memberi pandangan yang benar-benar global.

Sejak digelar 2008, Messi merebut tiga kali posisi puncak, yaitu tahun 2009, 2011, dan 2013. Cristiano Ronaldo paling mendekati pencapaian tersebut dengan menjadi yang terbaik pada 2010 dan 2012. Satu-satunya pengecualian dari dua nama megabintang sepakbola dunia itu terjadi pada 2010 ketika Wesley Sneijder sukses terpilih sebagai pemain terbaik.








Daftar pemenang
GOAL 50
2008 CRISTIANO RONALDO
2009 LIONEL MESSI
2010 WESLEY SNEIJDER
2011 LIONEL MESSI
2012 CRISTIANO RONALDO
2013 LIONEL MESSI


Messi memuncaki daftar tahun ini, mengungguli Franck Ribery di posisi kedua, yang membantu Bayern Munich meraih treble winner. Sementara pemenang tahun lalu, Cristiano Ronaldo, berada di posisi tiga. Sejumlah rekor diukirnya, seperti melampaui rekor Gerd Muller mencetak gol terbanyak dalam satu tahun kalender; mencetak gol ke-19 secara beruntun di Primera Liga Spanyol; menjadi satu-satunya pemai dalam sejarah yang pernah mencetak gol ke semua tim lawan di kompetisi top profesional; serta mengakhiri musim dengan total 313 gol sepanjang kariernya di Barcelona.

Selain Ribery, tiga rekan setimnya di Bayern Munich meramaikan daftar 10 besar, yaitu Thomas Muller di peringkat ke-4, Arjen Robben (5), dan Philipp Lahm (7). Jelas di sini keberhasilan Bayern menjuarai tiga ajang musim lalu merupakan kerja sama kolektif yang tak terpisahkan dari kehebatan para pemainnya secara individu.

Gareth Bale (6) dan Robin van Persie (10) menjadi dua wakil Liga Primer Inggris setelah tampil cemerlang untuk Tottenham Hotspur dan Manchester United musim lalu.

Sementara, Thiago Silva menjadi yang terbaik dari jajaran Ligue 1 Prancis dengan menempati peringkat ke-8. Bek tengah Paris Saint-Germain itu sukses di kancah domestik serta saat membawa Brasil menjuarai Piala Konfederasi 2013. Satu nama tersisa yang melengkapi daftar sepuluh besar adalah gelandang Arturo Vidal yang terus mengkilap bersama Juventus.

Direktur editorial Goal Graham Shaw mengomentari hasil pemeringkatan ini, “Messi menjalani musim yang spektakuler dan sungguh luar biasa melihat dia meraih semuanya di usia 26 tahun. Penghargaannya tahun ini membuatnya melewati Cristiano Ronaldo untuk mencetak rekor tiga trofi Goal 50 dan sebuah pengakuan dari kemampuan brilian individunya, yang diakui beberapa pihak sebagai yang terbaik sepanjang masa.”

Menarik menyaksikan apakah sepuluh pemain teratas dapat mempertahankan posisi masing-masing di Goal 50 tahun depan!



Gabunglah bersama Goal Indonesia di media sosial:
Facebook goal.indonesia
Facebook goal.indonesia
Google Plus +goalcomindonesia
Google Plus +goalcomindonesia
Twitter @GOAL_ID
Twitter @GOAL_ID