oleh

Ini Alasan di Liga 1 Tak Boleh Ada Suporter Tim Tamu

PSSI membenarkan larangan suporter tamu menyaksikan di kandang lawan pada Liga 1 2022/ 2023 lantaran konvensi dengan kepolisian.

Lebih dahulu, PT Liga Indonesia Baru( LIB) mengirimkan pesan bernomor 225/ LIB- COR/ VI/ 2023 Mengenai Penyampaian Perbaikan Peraturan Pertandingan Play- off yang bertanda tangan Direktur Utama PT LIB, Ferry Paulus, kepada Bali United serta PSM pada Jumat( 2/ 5/ 2023).

Pesan itu merupakan perbaikan dari pesan lebih dahulu yang bernomor 217/ LIB- COR/ V/ 2023 Mengenai Penyampaian Perbaikan Peraturan Pertandingan Play- off pada 29 Mei 2023.

” Satu di antara proses dalam transisi serta yang disepakati pula antara PSSI dengan kepolisian,” ucap anggota Komite Eksekutif( Exco) PSSI, Arya Sinulingga, kepada beberapa wartawan, Sabtu( 3/ 6/ 2023).

” Jadi nanti secara bertahap, memanglah konvensi yang telah diambil dengan kepolisian, kami harapkan dengan langkah- langkah ini.”

” Hingga seluruhnya, baik PSSI, klub, suporter, kepolisian, ini seluruh telah dimaslahatkan dengan baik. Kami dapat menyelenggarakan pertandingan- pertandingan dengan baik,” ungkap Arya.

Arya membuka mungkin buat mengganti ketentuan larangan buat suporter regu tamu itu, tetapi tidak dalam waktu dekat.

” Nanti ke depannya secara bertahap hendak mulai terdapat pemirsa dari regu tamu. Tetapi, buat dikala ini, memanglah telah begitu keputusannya,” jelas Arya.

PT LIB telah lebih dahulu melarang suporter regu tamu buat menyaksikan partai tandang dalam babak Play- off Liga 1 buat tiket ke Liga Champions Asia 2023/ 2024 yang mempertemukan Bali United kontra PSM Makassar.

Bali United hendak lebih dahulu berperan selaku tuan rumah buat PSM di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, pada Selasa( 6/ 6/ 2023).

4 hari berselang, giliran PSM yang gantian bakal menjamu Bali United di Stadion Gelora BJ Habibie, Parepare. Pemenang antara Bali United serta PSM dalam Play- off itu berhak buat memperoleh tiket ke Liga Champions Asia 2023/ 2024.

Ketentuan larangan untuk suporter regu tamu dari PT LIB pula berlaku buat” segala pertandingan sepak bola nasional tercantum kompetisi”.

PT LIB berlandaskan terhadap masa transisi transformasi sepak bola nasional dalam membuat kebijakan yang menggugurkan peraturan lebih dahulu itu.

” Dalam perihal masa transisi transformasi sepak bola nasional, segala pertandingan sepak bola nasional tercantum kompetisi serta play- off, tidak bisa dihadiri oleh suporter klub tamu,” ucap Ferry Paulus.