oleh

Ini Alasan Chelsea Harus Mendapatkan Wayne Rooney

Chelsea telah mengutarakan keinginan mereka untuk merekrut striker Manchester United, Wayne Rooney. Bahkan pelatih Jose Mourinho mengungkapkan bahwa dia adalah satu-satunya target transfer The Blues yang tersisa di musim panas ini.

Terlebih lagi, pelatih anyar Manchester United David Moyes, dinilai melakukan blunder setelah mengeluarkan pernyataan yang membuat Rooney semakin kesal.

Seperti yang diketahui, Moyes dalam sebuah konferensi pers saat pramusim mengatakan: “Secara keseluruhan, pikiran saya tentang Wayne adalah, jika karena alasan apa pun kami mendapati Robin van Persie cedera, kami akan membutuhkannya.”

Dengan situasi tersebut, The Blues memiliki peluang besar untuk dapat memboyong Rooney ke Stamford Bridge sebelum kompetisi musim 2013/14 dimulai.

Namun, mengapa Chelsea rela berjuang mati-matian untuk mendapatkan tanda tangan Rooney? Berikut alasannya menurut Goal Indonesia:

PEMAIN KELAS DUNIA

Siapa yang tidak mengenal sosok Wayne Rooney? Sudah tidak dapat dibantah lagi bahwa dia telah masuk ke dalam kategori sebagai salah satu pemain terbaik di dunia saat ini.

Ia adalah salah satu punggawa andalan salah satu klub terbaik dunia, Manchester United, dalam sembilan tahun terakhir. Bergabung ke United pada tahun 2004, total ia mencetak 197 gol dalam 400 pertandingan yang ia lakoni.

Selain itu, dalam sembilan tahun karirnya di Old Trafford sejauh ini, Rooney berhasil mengoleksi banyak gelar juara, baik dalam level domestik ataupun Eropa. Ia mengantarkan The Red Devils menjuarai Liga Primer Inggris sebanyak lima kali, Piala Liga dua kali, Community Shield tiga kali, ditambah dengan satu trofi Liga Champions dan satu trofi Piala Dunia Antarklub.

Prestasi pribadinya juga tidak kalah mentereng, Rooney menyabet predikat pemain muda terbaik Liga Primer Inggris pada tahun 2005 dan 2006, pemain terbaik EPL tahun 2010, pemain terbaik Inggris 2008 dan 2009, dan sederet penghargaan lainnya.

Rooney juga menjadi salah satu pemain andalan di tim nasional Inggris, meski masih belum mampu memberi trofi juara kepada negaranya, ia tetap dipandang sebagai salah satu pemain terbaik di timnas.

Rooney sempat mencetak rekor sebagai pemain termuda yang bermain untuk timnas senior sebelum rekor itu dipecahkan oleh Theo Walcott pada 2006 silam. Namun, rekornya sebagai pencetak gol termuda untuk timnas Inggris masih belum dipecahkan.

Sejauh ini, ia telah tampil sebanyak 83 kali dan mengoleksi 36 gol bersama The Three Lions.

Dengan catatan impresif Wayne Rooney selama berkarir di atas lapangan hijau, maka tidak mengherankan The Blues akan berusaha memaksimalkan peluang untuk mendapatkan tanda tangannya di musim panas ini.

KEBUTUHAN STRIKER TENGAH

Sudah bukan rahasia lagi Jose Mourinho adalah penggemar pemain bertipe striker tengah. Di Inter, Mourinho memakai jasa Diego Milito untuk membawa La Beneamata meraih Treble Winners, sebelumnya ia mengandalkan sosok Didier Drogba di Stamford Bridge.

Dan setelah kembali lagi, Mourinho tidak menutupi kerinduannya pada pemain asal Pantai Gading tersebut. Ia memang telah mengatakan bahwa sosok Drogba dapat ia lihat pada diri Romelu Lukaku, namun Lukaku masih dinilai terlalu dini untuk menjadi ujung tombak utama di klub sebesar Chelsea, yang saat ini memiliki ambisi tinggi.

Sementara itu dua striker tengah The Blues, Fernando Torres dan Demba Ba juga belum dapat tampil memuaskan. Musim lalu Torres hanya mampu mencetak delapan gol, lebih sedikit dari Lukaku yang mengemas 17 gol di West Bromwich Albion. Bahkan juga lebih sedikit dari gelandang Frank Lampard (15 gol) dan Eden Hazard (sembilan gol).

Ba yang didatangkan di paruh kedua musim lalu, juga tidak tampil seperti yang diharapkan. Pemain yang direkrut dari Newcastle United tersebut juga hanya mampu menghasilkan enam gol dari total 22 pertandingan bersama The Blues.

Kehadiran Rooney diyakini akan menjadi solusi untuk masalah tersebut. Di musim tersuburnya, pada 2011/12, Rooney mampu mencetak 27 gol di Liga Primer Inggris, dan 34 gol di semua ajang.

Musim lalu, ia gagal mencetak gol sebanyak musim sebelumnya. Rooney hanya berhasil menjaringkan 12 gol di Liga Primer Inggris, dan empat gol di kompetisi lainnya. Namun, bukan berarti itu menunjukkan penurunan.

Seperti yang diketahui, United memboyong Robin van Persie dari Arsenal di musim panas tahun lalu. Hal itu membuat Rooney tergeser ke posisi second striker, sehingga membuat aliran golnya sedikit terhambat.

Namun, apabila ia hengkang ke Chelsea, maka besar kemungkinan ia akan dipasang sebagai ujung tombak andalan tim. Dan bukan tidak mungkin ia akan memecahkan rekor golnya dengan bantuan gelandang-gelandang berkualitas seperti Juan Mata dan Eden Hazard.

Selain kebutuhan mencetak gol, Rooney juga akan memberikan dampak positif lainnya. Pergerakannya yang bagus akan menyatu sempurna dengan pergerakan aktif gelandang-gelandang di belakangnya. Hal itu juga akan membuat serangan Chelsea lebih sulit ditebak dan lini kedua menjadi lebih efektif.

MEMPERLEMAH RIVAL

Seperti yang diketahui, Manchester United adalah salah satu pesaing utama dalam perebutan gelar juara Liga Primer Inggris. Meski, telah ditinggal Sir Alex Ferguson, status The Red Devils sebagai salah satu favorit tetap tidak akan goyah dengan banyaknya pemain bintang di klub.

Namun, meski demikian, sosok Rooney tentu saja akan meninggalkan lubang yang cukup besar di United apabila ia benar-benar hengkang dari Old Trafford.

Rooney telah menjadi bagian dari skuat reguler United selama sembilan tahun terakhir, dan ia menjadi salah satu kontributor gol terbanyak tim. Van Persie memang istimewa musim lalu, tetapi bayang-bayang cedera kerap menghantuinya, sementara Javier Hernandez masih belum terbukti mampu menjadi pemain reguler yang diandalkan, dan Danny Welbeck juga demikian, ia masih seperti berlian yang kasar.

Kepergian Rooney, yang tajam, matang, berpengalaman, tentu akan melemahkan United. Pemain pengganti pun tampaknya sudah sangat sulit untuk dicari. Beberapa pemain top seperti Radamel Falcao dan Edinson Cavani sudah menemukan klub baru, Cristiano Ronaldo lebih berpeluang bertahan di Real Madrid, sementara Luis Suarez juga tampak condong ke Arsenal.

Situasi tersebut akan menjadi keuntungan lebih bagi Chelsea dalam perburuan gelar juara Liga Primer Inggris musim 2013/14.