oleh

inggris 3 vs 2 skotlandia

Mengatasi perlawanan sengit tetangga mereka dari utara, Inggris sukses membekuk Skotlandia 3-2 berkat gol kemenangan pemain andalan Southampton, Rickie Lambert, pada laga uji coba di Stadion New Wembley, Rabu (14/8) malam waktu setempat.

Di luar kemenangan itu, Inggris harus melakukan evaluasi mendalam atas penampilan mereka. Steven Gerrard memang kembali bertugas sebagai kapten dengan membimbing rekan-rekan mudanya seperti Kyle Walker, Tom Cleverley, Jack Wilshere, Theo Walcott, serta Danny Welbeck. Begitu pula dengan Wayne Rooney yang turun sejak menit pertama di tengah rumor transfernya dari Manchester United.

Skotlandia sukses mencuri gol pembuka pada menit ke-12 setelah tendangan James Morrison gagal diantisipasi secara sempurna oleh Joe Hart. Walcott menyamakan kedudukan pada menit ke-29 setelah menerima umpan terobosan Cleverley. Dengan tenang Walcott melewati hadangan Steven Whittaker dan melesakkan tendangan sebelum diterkam Scott Brown.

Pasukan Tartan kembali unggul lima menit selepas jeda. Kenny Miller, mengukir caps ke-69 dalam usia 33 tahun, mengecoh Gary Cahill dan mengakhiri gerakannya dengan tendangan keras. Hart hanya terpana menatap bola meluncur deras ke pojok gawang.

Inggris cepat bangkit. Keunggulan Skotlandia hanya bertahan tiga menit. Tendangan bebas Gerrard disambut sempurna oleh Welbeck dengan sundulan kepala. Itu menjadi kontribusi terakhir Gerrard sebelum ditarik keluar digantikan Frank Lampard. Rooney kemudian menyusul ke kamar ganti setelah ditukar dengan Lambert.

Pergantian terakhir membuahkan hasil. Menit 71, Lambert melompat lebih tinggi untuk menyambut umpan tendangan penjuru Leighton Baines. Bola bersarang di dalam gawang Allan McGregor sekaligus memberikan gol kemenangan bagi tuan rumah.

Lambert bahkan nyaris melengkapi debut gemilangnya dengan sebuah tendangan akurat dari jarak dekat di akhir pertandingan, tetapi sayangnya bola menghantam tiang.

Skor 3-2 dan Inggris kini boleh berkonsentrasi untuk menghadapi rangkaian kualifikasi Piala Dunia 2014 yang vital awal bulan depan.

Susunan tim inti:
Inggris Joe Hart; Kyle Walker, Leighton Baines, Phil Jagielka, Gary Cahill; Steven Gerrard, Tom Cleverley, Jack Wilshere; Theo Walcott, Danny Welbeck, Wayne Rooney.

Skotlandia Allan McGregor; Alan Hutton, Steven Whittaker, Grant Hanley, Russell Martin; Richard Snodgrass, Scott Brown, James Morrison, James Forrest, Shaun Maloney; Kenny Miller.