oleh

Indonesia XI 0-2 Liverpool

Indonesia XI kembali gagal meraih hasil maksimal saat menghadapi klub Liga Primer Inggris yang berkunjung. Kali ini, skuat besutan Jacksen F. Tiago dikalahkan Liverpool dengan skor 2-0, melalui gol Philippe Coutinho dan Raheem Sterling.

Namun, mesk demikian, tampak peningkatan performa yang signifikan dari Indonesia daripada saat menghadapi Arsenal, di mana tim Merah Putih dihajar 7-0.

Babak Pertama

Indonesia mencoba memberi kejutan di awal pertandingan melalui penetrasi yang dilakukan oleh Titus Bonai, namun usaha tersebut berhasil digagalkan oleh Jose Enrique.

Perlahan Liverpool mulai berhasil menguasai permainan dan memberi tekanan kepada lini pertahanan Indonesia. The Reds akhirnya mampu mencetak gol ketika pertandingan menginjak menit kesepuluh.

Gol tersebut dicetak oleh Philippe Coutinho melalui aksi individunya di sisi kanan pertahanan Indonesia. Bola muntah dari kaki Muhammad Roby langsung disambar oleh eks pemain Inter tersebut untuk melewati Roby dan Hasyim Kipuw, hingga dengan mudah menaklukkan Kurnia Meiga dalam situasi satu lawan satu.

Tertinggal satu gol membuat Indonesia mencoba tampil lebih agresif, skuat besutan Jacksen F. Tiago sempat memiliki peluang bagus untuk mencetak gol melalui tendangan bebas sedikit luar kotak penalti. Namun, sayang sontekan Titus Bonai ketika menerima umpan dari Bustomi masih belum mengarah ke gawang.

Tempo pertandingan berjalan dengan semakin cepa, Liverpool memperoleh peluang melalui tembakan keras Luis Alberto di menit ke-30 yang berakhir di mistar gawang. Satu menit kemudian, giliran Sergio van Dijk yang menunjukkan kualitasnya dengan melepas tembakan dari jarak yang cukup jauh, sayang peluang tersebut juga belum membuahkan hasil setelah Mignolet sukses menepisnya dengan gemilang.

Babak pertama akhirnya berakhir dengan keunggulan Liverpool dengan skor 1-0 setelah kedua tim gagal menambah gol di sisa waktu yang ada.

Babak Kedua

Di paruh kedua, pertandingan dimulai dengan tempo sedang, namun Liverpool hampir kembali membobol gawang Indonesia ketika laga berjalan sepuluh menit. Beruntung, Iago Aspas yang sudah melewati hadangan Kurnia Meiga gagal mengarahkan bola ke gawang yang kosong.

Jacksen mencoba mengubah gaya menyerang dengan memasukkan Boas Solossa dan menarik keluar Sergio van Dijk. Skema berjalan dengan baik ketika Boas, Tibo dan Mofu mampu merepotkan lini belakang Liverpool, tetapi sayang peluang tersebut masih belum membuahkan hasil.

Pada menit ke-60, Joe Allen yang masuk menggantikan Steven Gerrard di babak kedua, memaksa Kurnia Meiga bekerja keras untuk mencegah terjadinya gol kedua di gawangnya. Tembakan spekulasi Allen dari jarak jauh berhasil diantisipasi dengan susah payah oleh kiper Arema Indonesia tersebut.

Pergantian beberapa pemain Liverpool sekaligus beberapa menit kemudian membuat tempo permainan The Reds meningkat. Raheem Sterling membuat  lini belakang Indonesia lebih sibuk melalui pergerakan dan tembakan jarak jauhnya.

Pada menit ke-72, Sterling menebar ancamannya di kotak penalti Indonesia. Mendapatkan umpan dari rekannya, Sterling melepaskan tembakan first time yang mampu menaklukkan Meiga, beruntung bola masih membentur mistar gawang.

Delapan menit kemudian, Sterling kembali lolos dari penjagaan lini belakang dan mendapatkan ruang tembak yang cukup bebas, tetapi lagi-lagi penyelesaian akhirnya masih belum akurat.

Indonesia juga terus berusaha memecahkan kebuntuan, masuknya Ferdinand Sinaga memberi sedikit warna pada serangan Indonesia, tetapi masih belum ada hasil maksimal yang tercipta.

Sterling akhirnya mampu menjebol gawang Kurnia Meiga, tiga menit jelang pertandingan usai. Memanfaatkan serangan balik, empat pemain Liverpool berada bebas di daerah pertahanan Indonesia dan langsung berhadapan dengan Meiga, Assaidi dengan tenang menyodorkan bola ke Sterling yang kemudian memasukkan bola ke gawang yang kosong.

Gol tersebut menjadi yang terakhir di pertandingan ini setelah Liverpool dan Indonesia XI gagal menambah gol hingga wasit meniupkan peluit panjang tanda pertandingan berakhir.

Susunan Pemain

Indonesia XI: Meiga, Kipuw, Igbonefo, Roby, Sanadi, Bustomi, Taufiq, Maitimo, Vendry Mofu, Tibo, Van Djik

Liverpool: Mignolet; Johnson, Enrique, Agger, Toure; Lucas, Gerrard (c), Alberto, Downing; Coutinho, Aspas.