oleh

Indonesia harus mengakui keunggulan Kuba, 1-0

Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Kuba, skor 1-0, dalam laga uji coba di Stadion Luis Suner Pico, Alzira, Valencia, Sabtu (29/3) malam WIB. Kuba berhasil unggul pada menit ke-29 setelah Muhammad Roby melakukan gol bunuh diri.

Babak pertama

Jalannya pertandingan sendiri berlangsung seimbang. Timnas yang secara peringkat FIFA masih berada di bawah Kuba mampu tampil menekan Kuba yang dilatih Walter Benitez.

Tercatat, beberapa peluang mampu dihasilkan Raphael Maitimo dan kawan-kawan di babak pertama. Di antaranya, pada menit ke-18 tendangan Maitimo yang menerima umpan dari Ferdinand Sinaga hanya membentur tiang gawang sebelah kanan Kuba.

Begitu pula sundulan dari Ahmad Jufriyanto yang juga membentus mistar gawang Kuba. Selanjutnya, umpan silang Talaohu Abdul Mushafri juga masih bisa digagalkan kiper Kuba.

Kuba pun tak tinggal diam. Mereka juga melakukan tekanan ke lini pertahanan skuatĀ Garuda. Hasilnya, akselerasi salah satu pemain Kuba dari sisi kanan membuat barisan pertahanan timnas kocar-kacir.

Muhammad Roby pun harus menerima kenyataan pahit melakukan gol bunuh diri setelah niatnya yang ingin menghalau bola keluar, justru melesat ke gawang sendiri pada menit ke-29. Skor 1-0 bertahan hingga babak pertama usai.

Babak kedua

Pada menit awal babak kedua, pelatih timnas Indonesia, Alfred Riedl, melakukan beberapa pergantian pemain. Riedl memasukkan Firman Utina dan Slamet Nurcahyono, serta Supardi.

Namun begitu, pergantian tersebut tak terlalu membuat permainan timnas berubah. Justru Kuba mampu tampil lebih menekan di awal-awal babak kedua. Salah satunya, pada menit ke-53 salah seorang pemain Kuba lolos dari jebakan off-side. Beruntung, usahanya masih bisa digagalkan kiper timnas, I Made Wirawan.

Pun demikian, tendangan keras dari luar kotak penalti yang dilancarkan pemain Kuba lainnya empat menit kemudian juga berhasil ditepis I Made.

Timnas sendiri seperti kesulitan menembus pertahanan Kuba. Skor 1-0 bertahan hingga wasit meniup peluit akhir pertandingan.