oleh

Indonesia Cukur Laos Empat Gol Tanpa Balas

Indonesia Cukur Laos Empat Gol Tanpa Balas
Indonesia Cukur Laos Empat Gol Tanpa Balas

Diwarnai dua kartu merah yang didapat pemain Laos, empat gol Indonesia menghadirkan tiga angka krusial di partai pembuka kualifikasi Grup G Piala Asia U-19 di Gelora Bung Karno, Selasa (8/10) malam.

Muchlis Hadi Ning mengemas satu gol di setiap babak yang plus satu dari Paulo Sitanggang dan kapten Evan Dimas cukup untuk memberi alasan fans Garuda pulang sambil berpesta kemenangan.

Dengan hasil ini Indonesia bersaing ketat dengan Korea Selatan di puncak klasemen sementara yang sore tadi berhasil melibas Filipina dengan skor 4-0 di pertandingan pertama.

Babak pertama:
Garuda Muda untuk sementara unggul tipis 1-0 atas Laos pada laga kedua hari pertama kualifikasi Grup G Piala Asia U-19 di Gelora Bung Karno.

Di awal pertandingan Indonesia sempat mendapat tekanan ketat dari para pemain Laos hingga kesalahan mendasar sering terjadi. Meski demikian pada menit keenam Evan Dimas mendapat peluang namun tembakannya menyamping.

Tidak perlu menunggu lama, gol yang dinanti datang pada menit 10. Tendangan bebas Evan Dimas dengan cermat disempurnakan tandukan kepala Muchlis Hadi Ning untuk mengubah skor menjadi 1-0.

Pada menit 15 Laos nyaris menyamakan kedudukan, beruntung tembahkan Armisay menghajar tiang gawang, bola liar sempat diburu Kongmathilath tetapi bisa dihalau barisan pertahanan Garuda Muda.

Tempo pertandingan berjalan cepat yang diwarnai duel-duel keras pemain dari kedua kesebelasan. Sebelum babak pertama berakhir Laos melakukan percobaan melalui tembakan bebas ambisius dari jarak yang sangat jauh tetapi bola melebar dan gawang Ravi masih aman.

Babak Kedua
Performa tim Merah-Putih di paruh kedua pertandingan lebih cair, bola dengan mulus bergulir ke segala lini hingga membuat pertahanan Laos terdesak hebat.

Pada menit 51, Indonesia sukses merebut bola ditengah lapangan dan langsung melancarkan serangan balik cepat. Mendapat sodoran dari kapten Evan Dimas dan melihat pergerakan kiper Laos, Muchlis menciptakan gol istimewa dengan mencongkel si kulit bundar dan bola pun mulus meluncur ke gawang yang kosong.

Unggul dua gol beban di pundak para pemain masa depan Indonesia seolah-olah menghilang dan mereka semakin merajalela mendominasi pertandingan.

Pada menit 54 dan 80 Laos harus kehilangan pemain. Phithack diganjar kartu merah langsung oleh wasit usai tertangkap basah menginjak salah satu pemain Indonesia hanya sesaat setelah keduanya terlibat duel sengit, sementara Kali Sihalath harus memasuki kamar ganti lebih cepat usai menerima kartu kuning kedua karena mengeksekusi tendangan bebas sebelum wasit meniup peluit.

Melawan sembilan pemain, laju Indonesia tak terhadang lagi bahkan sanggup menambah gol melalui aksi Paulo Sitanggang dimenit 84 dan Evan Dimas (89).


STARTING XI:
Ravi; Putu Gede, Fachtu Rohman, Sahrul Kurniawan, Hansamu Yama; Evan Dimas (C), Hargianto, Zulfiandi, Ilham Udin, Maldini; Muchlis Hadi Ning.


STARTING XI:
 Niphavong; Sithanong, Sihavong, Sipasong (C), Sihalath; Khampaseut, Kongmathilath, Somsanith, Sandara; Kettavong, Natphasouk.