oleh

Hatrick Pacho Kenmogne Menangkan Persebaya Surabaya

www.terminalscore.com – Berita Bola Liga Indonesia

Persebaya Surabaya berhasil melakukan revans dengan tuntas terhadap Persela Lamongan, dalam laga lanjutan wilayah barat Indonesia Super League (ISL) 2014 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Selasa (19/8) malam. Pada laga itu, Persebaya menang dengan skor telak 3-0.

Sebelumnya, pada putaran pertama, Persebaya takluk di kandang Persela juga dengan skor yang sama. Striker Persebaya, Emmanuel ‘Pacho’ Kenmogne, kembali menunjukkan ketajamannya dengan mencetakhat-trick di laga ini pada menit ke-38, 41, dan 70.

Dengan kemenangan ini, Persebaya mengudeta Persipura dari puncak klasemen wilayah timur dengan 36 poin dari 17 laga yang telah dijalani. Sedangkan Persela masih terpaku di posisi keempat dengan 25 poin dari 17 pertandingan.

Babak pertama

Persebaya langsung mendominasi jalannya pertandingan sejak menit awal laga. Tendangan bebas Greg Nwokolo nyaris membuka skor pada laga ini. Tapi, bola hasil tendangannya hanya melebar tipis di kanan gawang Persela.

Tim Bajul Ijo semakin gencar melakukan serangan. Kali ini, top skor sementara ISL Emmanuel ‘Pacho’ Kenmogne yang memberikan ancaman. Namun, sepakan dari jarak dekatnya masih bisa ditepis kiper Persela, Choirul Huda.

Memasuki menit ke-20, Persela mulai bisa keluar dari tekanan yang diberikan para penggawa Persebaya. Pergerakan Srdjan Lopicic merepotkan lini belakang Persebaya. Lopicic menjadi motor lini tengah Persela untuk mengimbangi para gelandang Persebaya.

Namun, lagi-lagi Persebaya yang mendapatkan peluang emas. Beruntung, bola hasil sundulan O.K. John yang sudah menyentuh garis gawang berhasil dihalau salah satu bek Persela.

Persebaya akhirnya berhasil memecah kebuntuan di menit ke-38. Adalah Pacho yang kembali menjadi pencetak gol bagi skuat yang dilatih Rahmad Darmawan itu, setelah memanfaatkan kemelut di depan gawang hasil sepak pojok Greg.

Tak butuh waktu lama bagi Pacho untuk menambah perbendaharaan golnya di laga ini. Ya, berselang tiga menit, pemain berpaspor Belgia itu kembali membobol gawang Huda, dengan memanfaatkan umpan terobosan dari Ilham. Skor 2-0.

Persela sempat mendapatkan peluang emas di masa injury time. Tapi, dua kali sundulan Feri Ariawan hanya membentur tiang gawang plus ditepis Jendri Pitoy. Skor 2-0 bertahan hingga babak pertama usai.

Babak kedua

Persebaya tetap tampil mendominasi. Persela pun mencoba mengatasi tekanan yang diterima dengan berusaha menguasai bola selama mungkin.

Pacho kembali menebar ancaman, tapi bola hasil sambarannya yang memanfaatkan terobosan Ilham bisa ditepis Huda. Sebaliknya, pola serangan yang dibangun Persela masih kurang rapi.

Pergerakan Greg sangat merepotkan barisan pertahanan Persela. Hingga akhirnya, Kenmogne kembali mencetak hat-trick di laga ini pada menit ke-70, untuk mengubah skor menjadi 3-0. Pacho berhasil memanfaatkan blunder pertahanan Persela yang salah dalam menguasai bola.

Ini merupakan hat-trick ketiganya pada musim ini. Sebelumnya, Pacho berhasil menorehkan trigol ke gawang Persepam Madura United (14/3) dan Persiba Bantul (14/8).

Unggul tiga gol, Persebaya lebih rileks dalam bermain. Sebaliknya, Persela terlihat kesulitan untuk meredam serangan para pemain Persebaya. Greg sempat kembali melesakkan tembakan yang membentur tiang gawang di masa injury time. Tapi, hingga pertandingan usai skor tetap 3-0.
Susunan pemain kedua tim:

Persebaya Surabaya
Pelatih: 
Rahmad Darmawan

1 Jendry Pitoy; 59 Hasim Kipuw, 4 Ricardo Salampessy, 44 OK John, 25 Manahati Lestusen; 26 Alfin Tuasalamony, 11 Dedi Kusnandar, 81 M Ilham, 10 Greg Nwokolo, 99 Isaac Puppo; 55 Emmanuel Kenmogne

Cadangan: 12 Ferry Rotinsulu, 29 Ambrizal, 3 Vava Mario Yagalo, 5 Zaenal Haq, 71 A. Hisyam Tolle, 22 Fandi Eko Utomo, 20 Novri Setiawan

Persela Lamongan
Pelatih:
 Eduard Tjong

1 Choirul Huda; 15 Roman Golian, 14 Dodok Anang, 29 Edi Gunawan, 33 Burhanudin, 21 Jusmadi, 17 Danu Rosade, 7 Arif Ariyanto, 31 Feri Ariawan; 10 Srdjan Lopicic, 13 Bijahil Chalwa

Cadangan: 16 Roni Tri, 5 Taufik Kasrun, 30 Eki Taufik, 35 Zahrul Huda, 11 Catur Pamungkas, 4 Radikal Idealis, 2 Zaenal Abidin