oleh

Harga tiket pertandingan El Clasico Rp 19,5 juta

Akhir pekan ini akan tersaji duel akbar antara Barcelona dan Real Madrid dalam lanjutan La Liga Spanyol.

Laga yang biasa disebut El Clasico ini diyakini akan memanas. Bagaimana tidak, kedua tim sejak beberapa musim terakhir sudah terlibat persaingan seru. Belum lagi gengsi masing-masing pemain untuk menunjukkan siapa di antara mereka sebagai yang terbaik, di level individu juga tim.

Barisan pemain bintang dengan bandrol mahal akan merumput di Nou Camp. Di Real Madrid, ada dua pemain dengan harga mahal, Gareth Bale dan Cristiano Ronaldo. Gaji mereka juga gila-gilaan dan tak masuk akal.

Di kubu Barcelona, ada juga yang demikian. Lionel Messi dan Neymar adalah di antaranya. Harga jual mereka di atas rata-rata pemain lainnya, demikian juga gaji mereka. Tapi, semua itu sesuai dengan kualitas yang mereka miliki.

Jika sudah begini, tak salah jika banyak orang yang menantikan laga ini. Dari tayangan live di televisi, rate pay-per-view-nya relatif tinggi.

MEDIA COVERAGE
El Clasico Barcelona vs Real Madrid
Mediapro sedikitnya akan menurunkan 300 staf untuk laga El Clasico, delapan mobil SNG, memaksimalkan tim 3D dan setidaknya 34 kamera akan disorotkan ke lapangan dan stadion, termasuk di antaranya kamera Super Slow Motion di dalam Nou Camp.

Mediapro, perusahaan yang memproduksi dan mendistribusikan siaran untuk El Clasico musim lalu, pun benar-benar total memberikan servisnya. Dana produksi konon kabarnya juga luar biasa.

Sedikitnya 300 staf diturunkan untuk laga ini, delapan mobil SNG, memaksimalkan tim 3D dan setidaknya 34 kamera akan disorotkan ke lapangan dan stadion, termasuk di antaranya kamera Super Slow Motion di dalam Nou Camp.

Coverage-nya untuk laga ini juga luar biasa. Pada 2012, perwakilan media dari 28 negara menghadiri laga ini, dengan 139 perusahaan media mengajukan permohonan untuk meliput laga ini.

Dari kerja keras ini, hasilnya adalah lebih dari 400 juta orang yang bisa menyaksikan laga ini di segala penjuru dunia. Bisa dibayangkan pendapatan yang didapatkan Mediapro dari satu laga ini saja. Luar biasa!

Tak salah jika kemudian laga El Clasico ini disebut sebagai salah satu laga penarik khalayak massa terbesar di dunia olahraga. Yang bisa menyaingi adalah NFL Super Sunday dan NBA Final tahun lalu.

Bagaimana dengan ketertarikan fans untuk menyaksikan laga tersebut langsung di stadion dan menjadi bagian dari sejarah El Clasico secara nyata? Jawabannya adalah sangat antusias.

Pada musim lalu, laga El Clasico di Piala Super Spanyol bisa menghadirkan lebih dari 91,000 orang ke stadion dan untuk laga La Liga berhasil menarik 96,589 orang untuk menjadi saksi mata ketegangan antaraEl Catalan dan Los Merengues.

Karena itulah tiket untuk laga ini begitu diburu. Musim ini saja, tiket untuk duel El Clasico di Nou Camp sudah nyaris habis. Yang tersisa adalah di level VIP dengan harga yang super mahal. Ya, bukan hanya harga pemain, ongkos produksi dan tetek bengeknya saja yang mahal, tapi juga harga tiket untuk pertandigan itu sendiri.

Selain VIP Palladium, yang harganya mencapai 1.300 euro ditambah pajak untuk per tiket per laga, yang bila dirupiahkan harganya menjadi Rp19,5 juta, juga masih ada VIP Box, yang harganya lebih gila lagi. Selain itu, tak ada tiket tersisa di Nou Camp.

Tempat duduk di VIP Palladium

Dengan harga tersebut, Anda mendapat tiket pertandingan, layanan katering dan bar.

Service ini terbilang biasa saja jika dibandingkan dengan paket tiket laga bigmatch di Liga Primer Inggris antara dua tim dengan sejarah kesuksesan terbanyak, Manchester United dan Liverpool di musim ini.

Di laman resmi United, laga yang dilangsungkan pada 14 Maret 2014 itu dijual dengan harga termahal sebesar 499 poundsterling, atau sekitar Rp8,8 juta.

Dengan harga sebesar itu, Anda tak sekadar mendapat tiket dan pemandangan terbaik ke lapangan di Old Trafford, tapi juga jamuan makan yang menggiurkan.

Anda bisa bertemu langsung dengan para pemain, juga mantan bintang United, mendapatkan sampanye dan canapes (sejenis open sandwich sebagai pembuka makanan), open bar jelang dan setelah laga berakhir, makan malam, camilan setelah laga dan masih banyak lagi yang lainnya, termasuk potongan 10% untuk pembelian cenderamata.

Bila ingin mendapat service yang kurang lebih sama seperti di Old Trafford, Anda harus siap merogoh kocek lebih dalam lagi.

Barcelona menawarkan paket komplementari Match Day, mulai dari yang plus, premium hingga excellence. Harganya mulai dari 1,500 euro hingga 10,000 euro. Fasilitas yang didapatkan yaitu transfer VIP menggunakan mobil dari hotel ke stadion pulang pergi, sambutan dari penerima tamu dan ofisial Barcelona secara langsung, kunjungan ke museum Barcelona hingga bertemu dengan mantan pemain Barcelona.

Pembagian seat di Nou Camp

Bagaimana mendapatkan tiket yang ‘biasa-biasa’ saja?

“Sangat sulit, jika tidak bisa dibilang tidak mungkin, menemukan tiket untuk El Clasico karena semua tiket sudah dijual ke partner Barcelona karena mereka membeli setiap tahunnya untuk setiap tiket di sepanjang musim,” ceritanya.

“Yang boleh diharapkan adalah apabila rekanan Barcelona itu memutuskan untuk mengembalikan tiket mereka dan kemudian klub menjualnya. Nantinya klub akan kembali menjual di situs resmi mereka.”

Dan seperti halnya di Indonesia, juga banyak calo tiket yang berkeliaran di luar Nou Camp, menjual tiket-tiket pertandingan.

Harganya? “Bisa saya katakan sangat mahal, sekitar 200 euro (sekitar Rp3,000,000) untuk tribun paling atas di Nou Camp,” ungkapnya.

Luar biasa bukan?