oleh

Gol Tunggal Wesley Sneijder Menangkan Galatasaray vs Juventus

Sempat tertunda sehari akibat hujan salju, matchday terakhir Grup B Liga Champions antara Galatasaray versus Juventus di Turk Telekom Arena akhirnya dilanjutkan Rabu (11/12).

Hasilnya, Galatasaray tampil sebagai pemenang dengan kemenangan tipis 1-0. Adalah gol semata wayang Wesley Sneijder di menit 85 yang memastikan timnya mendampingi Real Madrid untuk lolos dari fase grup.

Kemenangan ini membawa Galatasaray duduk di peringkat kedua Grup B, menggeser Juventus dengan keunggulan satu poin. Pasukan Antonio Conte pun harus puas duduk di posisi tiga dan akan tampil di Liga Europa.

Babak pertama

Tuan rumah langsung tampil menyerang, mereka tak mau kehilangan tiket ke fase gugur. Tekanan dari kedua sisi pun terus dilancarkan oleh Didier Drogba dkk. Hanya saja, semua percobaan masih dalam jangkauan pertahanan Juventus. Trio Barzagli-Bonucci-Chiellini pun tampak solid malam ini.

Menit 16, Fernando Llorente menyuguhkan aksi gemilang. Penyerang jangkung asal Spanyol ini menyambut umpan silang Arturo Vidal dan melakukan tembakan voli. Sayang sepakannya masih melebar dari gawang Muslera. Cuaca mulai memburuk di Turk Telekom Arena, salju membuat lapangan mulai tertutup. Wasit pun memutuskan untuk menghentikan laga sementara dan mengganti bola putih dengan bola warna oranye di menit 26.

Galatasaray menghujani gawang Juve dengan serangan. Selcuk, Eboue, dan Riera pun berturut- turut mengirimkan serangan. Kendati begitu, Juventus coba menyerang lewat Carlos Tevez. Sayang usahanya masih belum membuahkan gol.

Laga berjalan, kondisi lapangan semakin memburuk dan salju mulai mengganggu alur bola. Garis lapangan tertutup salju dan mulai tak kelihatan dan wasit memutuskan untuk menghentikan pertandingan di menit 31. Wasit memberi waktu 20 menit untuk pembersihan lapangan, namun lapangan masih tak layak untuk melanjutkan pertandingan. UEFA pun memutuskan menunda pertandingan.

Keesokan harinya di tempat yang sama, laga tetap dilanjutkan. Meski hujan salju masih menerjang stadion, wasit tetap memutuskan untuk memainkan laga mulai menit 32. Juventus dan Galatasaray sama-sama ngotot untuk memenangkan pertandingan ini. Namun kondisi lapangan yang masih tidak bagus membuat mereka gagal menciptakan sejumlah peluang.

Peluang terbaik datang di menit 34. Menerima umpan terobosan di sisi kanan, Tevez melepaskan tembakan yang masih bisa diblok Riera. Itulah satu-satunya peluang terbaik di babak pertama pasca penundaan pertandingan. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum

Babak Kedua

Di babak kedua, dengan kondisi lapangan masih kurang layak, laga tetap diteruskan. Peluang emas datang di menit ke-58. Memanfaatkan kesalahan Pogba di tengah, Galatasaray melakukan serangan dan Drogba tinggal menuntaskannya. Sayangnya, Buffon melakukan penyelamatan luar biasa.Fingertip darinya menggagalkan tembakan keras Drogba.

Delapan menit berselang, girlian Juve yang mendapat peluang. Kali ini, Vidal menciptakan kesempatan bagus saat ia meliuk-liuk didalam kotak penalti Galatasaray. Namun tembakannya masih bisa diamankan Muslera. Memasuki 20 menit terakhir, Juve tampak masih mendominasi laga. Mereka mencoba mengamankan hasil seri sebagai syarat minimal untuk lolos.

Namun, tuan rumah tak mau menyerah begitu saja. Di menit 84, mereka mendapat peluang. Menerima umpan silang Selcuk, tembakan keras langsung dilepas oleh Sneijder, namun masih melambung tinggi di atas mistar gawang. Namun, gelandang Belanda itu berhasil menuntaskan peluang di kesempatan berikutnya.

Tak sampai satu menit setelah peluang itu, Sneijder mampu memecah kebuntuan. Berawal dari bola lambung, Drogba melepas umpan melalui kepalanya kepada Sneijder. Tanpa ampun, eks mantan pemain Inter Milan itu langsung meyepak bola untuk menjebol gawang Juventus. 1-0 Galatasaray memimpin dengan laga menyisakan empat menit.

Juventus pun panik. Mereka memasukkan Giovinco dan Quagliarella. Di menit 90, tembakan bebas Tevez masih membentur pagar betis. Tambahan waktu tiga menit dimanfaatkan Galatasaray untuk mengulur waktu di tengah kepanikan Juventus. Sampai akhir laga, skor 1-0 untuk kemenangan tuan rumah tak berubah. Juventus ke Liga Europa dan Galatasaray berhak lolos mendampingi Madrid.

Susunan Pemain:

Galatasaray: Muslera, Chedjou, Semih, Gökhan, Eboue (Bulut 81′), Melo, Sneijder (Gulselam 82′), Selçuk, Riera, Drogba, Burak
Cadangan: Ceylan, Kurtulus, Nounkeu, Colak, Bruma

Juventus: Buffon; Barzagli, Bonucci (Giovinco 90′), Chiellini; Lichtsteiner, Vidal, Pogba, Marchisio (Quagliarella 87′), Asamoah; Tevez, Llorente
Cadangan: Storari, Caceres, Ogbonna, Isla, Padoin.