oleh

Gol Telat Bryan Oviedo Bungkam United di markas sendiri

Rentetan tak terkalahkan Manchester United yang telah berumur 12 laga akhirnya kandas setelah mereka dibungkam Everton 1-0 di Old Trafford, Kamis (5/12) dinihari WIB.

Adalah gol Bryan Oviedo empat menit jelang bubaran yang memberikan pil pahit buat Setan Merah dan manajer David Moyes, yang untuk pertama kalinya menghadapi The Toffees sejak menggantikan Sir Alex Ferguson di bangku pelatih United.

Dengan hasil ini, sang juara bertahan melorot ke peringkat kesembilan dan kini ketinggalan 12 poin dari Arsenal di pucuk klasemen. Sementara Everton menghuni urutan kelima dengan 27 angka, cuma kalah selisih gol dari Liverpool di zona Liga Champions.

Babak Pertama

Minus Robin van Persie yang ternyata belum cukup fit untuk bermain lagi, David Moyes kembali mengandalkan Wayne Rooney sebagai tumpuan lini depan United saat menjamu mantan klubnya, Everton.

Sementara itu, Roberto Martinez di pihak Toffees menggantungkan asa kepada ketajaman striker pinjaman dari Chelsea, Romelu Lukaku.

Di awal laga, Lukaku mencoba memberikan keunggulan dini buat Everton lewat tembakan spekulatif jarak jauh, tapi bola masih meleset dari target. Tidak lama berselang, United selamat berkat aksi ciamik David de Gea menggagalkan kans Kevin Mirallas dari situasi tendangan pojok.

Sebagai tuan rumah, Setan Merah tentu ogah terus-terusan ditekan. Mereka pun ganti melancarkan tekanan dan pada menit ke-17 Wayne Rooney nyaris memecahkan kebuntuan andai upayanya menyongsong umpan Patrice Evra tak dihadang Tim Howard.

Selanjutnya, sepasang kans beruntun diperoleh United di menit ke-22 dan 24. Pertama tendangan Shinji Kagawa dapat dimentahkan Howard, dan yang berikutnya melalui sundulan Ryan Giggs masih melebar.

Memasuki setengah jam laga, United pantas mengutuk ketidakberuntungan mereka setelah tembakan Rooney kandas oleh tiang gawang. Bola pantul yang disambar Kagawa pun masih dapat diantisipasi Howard.

United terus mendominasi di sisa babak pertama dengan Everton juga beberapa kali menggelar serangan balik berbahaya, namun skor kacamata masih bertahan sampai turun minum.

Babak Kedua

Tekanan Red Devils ke pertahanan Toffees makin deras memasuki pengujung laga. Di menit ke-73, kembali kesempatan United terbuang sia-sia.

Tembakan jarak dekat Evra bisa diselamatkan Howard. Bola rebound langsung disundul Danny Welbeck, tapi hanya mengenai mistar.

Tidak lama berselang, ganti Rooney berusaha menebar ancaman, namun tendangan volinya melenceng jauh dari sasaran.

Rangkaian kans yang gagal dikonversi tersebut mesti dibayar mahal oleh pasukan Moyes. Empat menit sebelum pertandingan kelar, justru Everton sukses mencuri keunggulan.

Bermula dari tembakan bebas Mirallas yang membentur mistar, Romelu Lukaku kemudian mengirimkan umpan tarik yang sukses dihajar Bryan Oviedo ke dalam gawang De Gea. Dengan waktu tersisa amat tipis, United gagal membalas dan reuni pertama Moyes dengan Everton berakhir pahit.

Susunan Pemain

Man. United (4-2-3-1): De Gea; Rafael (Januzaj 58′), Smalling, Vidic, Evra; Fellaini, Giggs; Valencia, Kagawa (Nani 58′), Welbeck (Chicharito 81′)

Cadangan: Lindegaard; Evans, Young, Cleverley

Everton (4-2-3-1): Howard; Coleman, Jagielka, Distin, Oviedo; Barry, McCarthy; Mirallas (Naismith 90+2′), Barkley (Deulofeu 69′), Pienaar (Osman 80′); Lukaku

Cadangan: Robles; Heitinga, Jelavic, Stones