oleh

Gol Rodri Antar Manchester City Juara Liga Champion 2022/2023

Manchester City menjadi juara Liga Champions 2022-2023 dan menjadi klub kedua di Inggris yang berhasil menjuarai tiga kompetisi berbeda dalam satu musim atau dikenal dengan sebutan treble winners. The Citizens, julukan Manchester City, berhasil mengalahkan Inter Milan dengan skor tipis 1-0 di final Liga Champions 2022-2023 yang digelar di Ataturk Olympic Stadium pada Minggu (11/6/2023).

Pertandingan berlangsung sengit selama 90 menit, di mana Manchester City mendominasi namun kesulitan menembus pertahanan rapat Inter Milan. Namun, momen emas terjadi pada menit ke-68 ketika Rodri berhasil mencetak gol setelah menyambut bola liar yang menghampirinya.

Kemenangan dengan skor 1-0 sudah cukup bagi Manchester City untuk meraih trofi Si Kuping Besar, trofi Liga Champions yang pertama kali diraih oleh klub ini. Selain itu, kemenangan ini juga melengkapi treble winners, yang merupakan keberhasilan suatu klub menjuarai tiga kompetisi berbeda yang prestisius di akhir musim.

Sebelumnya, Manchester City telah meraih gelar juara Liga Inggris 2022-2023 setelah menyalip Arsenal di pekan-pekan terakhir. Kemudian, mereka juga berhasil mengalahkan Manchester United di final Piala FA 2022-2023 dengan skor 2-1 pada pekan lalu.

Dengan meraih treble winners, Manchester City mengulang kesuksesan rival sekotanya, Manchester United, yang telah memenangkan treble atau tiga gelar di tiga ajang berbeda pada musim 1998-1999. Manchester City menjadi klub kedelapan yang berhasil merajai tiga kompetisi utama dalam satu musim.

Prestasi ini juga semakin istimewa karena treble kedua yang berhasil diraih oleh manajer Pep Guardiola, yang sebelumnya berhasil meraih treble bersama tim super Barcelona di musim 2008/2009. Guardiola juga menjadi manajer pertama yang berhasil meraih treble