oleh

Giggs Berpeluang Menjadi Suksesor Sir Alex

Giggs Berpeluang Menjadi Suksesor Sir Alex photo

news7up.com – Ryan Giggs tampaknya kian serius menggapai cita-citanya untuk terjun ke dunia kepelatihan. Bukan tak mungkin, suatu hari nanti Giggs bakal mengisi posisi yang kini diduduki Sir Alex Ferguson di Manchester United.

Pasalnya, Giggs sendiri dalam waktu dekat bakal menjadi pemain pertama yang meraih lisensi kepelatihan UEFA (UEFA Pro License) selagi masih bermain. Hal ini membuktikan bahwa pemain asal Wales itu memang tak main-main soal keinginannya terlibat dalam manajemen dan kepelatihan tim.

Dan spekulasi mengenai siapa yang akan menggantikan Fergie ketika pensiun nanti pun kembali merebak. Apalagi setelah Pep Guardiola yang tadinya disebut-sebut sebagai kandidat potensial kini sudah memutuskan untuk melatih Bayern Munchen musim depan.

Sementara nama lain seperti Jose Mourinho masih belum pasti masa depannya, kini Giggs tampil sebagai kandidat baru untuk menggantikan Fergie, tentunya pada masa yang akan datang ketika sang manajer memutuskan pensiun.

Saat ini Giggs sendiri tampaknya masih akan bermain hingga musim depan, ketika usianya memasuki 40 tahun. “Aku tak memikirkan mengenai kontrakku saat ini. Seperti musim sebelumnya, aku cukup rileks mengenai ini. Aku hanya menikmati sepak bolaku. Aku masih merasa bugar. Memang, aku tak akan dimainkan dalam setiap laga, tapi aku tetap harus siap ketika dipanggil,” ujarnya.

Hanya saja, waktu senggang karena tak lagi tampil reguler di Manchester United pun dimanfaatkan untuk menimba ilmu kepelatihan. Dia telah bekerja untuk lisensi UEFA Pro A dan B-nya sebelum benar-benar fokus mendapatkan lisensi akhir yang diperlukan kala melatih tim Premier League dan Lgia Champions. Bukan tak mungkin, hal itu akan didapatkannya sebelum kariernya sebagai pemain berakhir.

Untuk mendapatkan kualifikasi itu, dia perlu merampungkan studi 240 jam dengan FA St. George’s Park, termasuk di antaranya tiga hari di sebuah klub Eropa. Giggs juga harus membuat studi kasus mendetail mengenai bisnis sebagai bagian dari kursus kepelatihannya. Diperkirakan Independent, Giggs akan lulus dalam 12 bulan ke depan setelah periode di Sekolah Bisnis Warwick University.