oleh

Gawat La Nazionale Akan Masuk Grup Neraka Piala Dunia

Italia dipastikan tak menjadi salah satu unggulan utama di putaran final Piala Dunia 2014 mendatang.

Kendati mengejutkan, hal ini sejatinya sudah bisa diduga. Sesuai aturan, FIFA menggunakan ranking edisi Oktober ini untuk menentukan delapan negara yang memasuki pot 1, dan kegagalan menumbangkan Denmark serta Armenia dalam sepasang laga kualifikasi terakhir (keduanya berkesudahan imbang 2-2) membuat Azzurri terlempar ke peringkat kesembilan.

Brasil hanya menghuni posisi ke-11, tetapi mereka menjadi unggulan utama berbekal status tuan rumah. Sementara delapan tim teratas di ranking terbaru adalah Spanyol, Argentina, Jerman, Swiss, Belgia, Kolombia, Uruguay, Belanda. Oranje bakal masuk unggulan kalau Uruguay gagal mengalahkan Yordania dalam play-off antarkonfederasi yang digelar bulan depan. Poin Italia (1135,61) sendiri hanya terpaut tipis dalam jumlah desimal dari Belanda (1135,95).

Meski tak termasuk negara unggulan, pelatih Cesare Prandelli mengaku tak terlalu gusar dengan ketentuan ini.

“Kami tak masuk unggulan? Lebih baik seperti itu. Saya lebih mengutamakan kerendahan hati dan konsentrasi langsung ketimbang mimpi berlebihan,” ujarnya kepada kantor berita ANSA.

“Saya tak takut dengan risiko langsung bertemu Brasil atau Spanyol [di babak grup]. Bahkan, coba lihat saja bagaimana kiprah kami di Euro 2012…”

Italia juga bukan unggulan di Piala Eropa tahun lalu dan tergabung dengan Spanyol di babak penyisihan, namun berhasil melaju hingga partai final.