oleh

Format Baru Piala Eropa 2016 Sukses Buat Persaingan Makin Ketat

news7up.com – Format baru Piala Eropa kali ini membuat munculnya beberapa tim debutan. Kedatangan tim-tim tersebut dinilai membuat persaingan lebih ketat.

Tidak seperti edisi sebelumnya yang mana Piala Eropa diikuti 16 tim, mulai edisi 2016 ini UEFA mengubah jumlah peserta jadi 24 tim yang artinya ada tambahan delapan tim.

Ke-24 tim itu dibagi dalam enam grup dan akan diambil dua tim teratas di setiap grup plus empat peringkat ketiga terbaik untuk tampil di babak 16 besar. Durasi Piala Eropa kali ini mirip-mirip dengan Piala Dunia.

Makin membengkaknya jumlah peserta membuat ada empat tim debutan yang tampil di turnamen ini seperti Albania, Wales, Irlandia Utara, dan Islandia. Lalu tim-tim seperti Ukraina, Republik Irlandia, Polandia, Rumania, Hungaria, dan Austria, yang biasanya kesulitan melewati sesi kualifikasi bisa mendapat kesempatan tampil.

Meski kehadiran tim-tim tersebut awalnya dipertanyakan karena biasanya hanya akan jadi “lumbung gol” bagi tim-tim besar, namun nyatanya sampai fase grup berjalan dua pertandingan, boleh dibilang jarak antara setiap tim tak berbeda jauh dan tim kecil pun bisa merepotkan para raksasa.

Contoh saja Jerman yang diimbangi Polandia 0-0 dinihari WIB tadi, Irlandia Utara yang menang 2-0 dan hanya kalah 0-1 dari Polandia. Inggris pun harus susah payah mengalahkan Wales setelah sempat tertinggal.

Lalu, Albania pun berhasil memaksa Prancis untuk mencetak dua gol kemenangan di menit-menit akhir. Sementara Hungaria menang 2-0 atas Austria serta Islandia yang berhasil mengimbangi Portugal 1-1.

“Saya tidak tahu apakah ini adalah hasil dari adanya 24 tim peserta tapi kita bisa lihat hasil-hasilnya memang ketat. Banyak gol yang tercipta menjelang akhir laga. Prancis dan juga Irlandia Utara,” ujar pelatih Jerman Joachim Loew seperti dikutipSoccerway.

“Hasilnya sangat tipis karena tim-tim yang baru pertama kali tampil jelas menganggap ini sebagai satu-satunya turnamen dalam hidup mereka,” sambungnya.

“Mereka berkorban banyak dan menggunakan kelebihan mereka. Mereka bertahan dan menunggu kesempatan lewat serangan balik.”

“Itulah yang Anda akan dapatkan, tim yang mau bertarung dan mengorbankan segalanya. Inggris hari ini menang lewat gol di menit-menit akhir dan itu sudah saya perkirakan, bertarunglah seperti itu, dan tim yang bertahan dengan 10 pemain,” tutupnya.