oleh

Formasi 4-3-2-1 Akan Jadi Senjata Utama Timnas Inggris, Kane Striker Utama

news7up.com – Harapan Manajer Timnas InggrisRoy Hodgson agar taktiknya tak terendus media tak terealisasi. Seperti dirilis The Sun, Rabu (8/6/2016), formasi andalan The Three Lions pada Piala Eropa 2016 sudah terlihat. Mereka akan menggunakan pola pohon cemara, yakni 4-3-2-1.

Bocoran tersebut berasal dari hasil jepretan beberapa fotografer yang mengarah pada ‘kotak taktik’. Si pembawa barang rahasia tersebut tak lain Asisten Manajer Timnas Inggris, Ray Lewington. Rupanya, tangan kanan Hodgson tersebut membawa papan strategi tersebut dengan bagian luar berisi rencana formasi ideal.

Pada papan tersebut tertulis format 4-3-2-1 bakal menjadi senjata utama Timnas Inggris di Prancis 2016. Bocoran tersebut juga berisi beberap catatan terkait individu yang akan mengisi slot.

Pada posisi kiper ada Joe Hart, lalu kuartet belakang disii Walker, Smalling, Cahill dan Rose. Trio lini tengah ada Dier, Wilshere dan James Milner. Dua penyokong striker Harry Kane adalah kapten Wayne Rooney serta Dele Alli.

Inggris akan menjalani partai perdana pada Euro 2016 kontra Rusia di Stadion Velodrome, Sabtu (11/6/2016) malam waktu setempat. Setelah itu, mereka akan terlibat perang saudara versus Wales, Kamis (16/6/2016) dan terakhir berhadapan dengan Slovakia, Senin (20/62016), di Stade Geoffroy Guichard, St Etienne.

Terkuaknya rencana strategi tersebut menjadi hal yang tak terduga bagi Roy Hodgson. Padahal, sang bos sudah mewanti-wanti pada tim pelatihnya untuk tak berbicara dengan pers terkait sisi teknis. Aturan serupa berlaku bagi para pemain, termasuk larangan berbincang dengan agen mereka.

Sayang, hal itu tak berhasil. Kini, Hodgson harus bekerja keras untuk memaksimalkan pola tersebut. Maklum, Rusia sudah pasti bakal melihat titik terkuat dan terlemah dari formasi yang membawa kemenangan 1-0 atas Portugal, beberapa waktu lalu.

Pelatih Rusia, Leonid Slutsky mengakui timnya sangat percaya diri untuk bersua Inggris pada laga perdana Grup B. Ia mengaku sudah memiliki ramuan khusus agar bisa meredam permainan tim negara Ratu Elizabeth tersebut.

Sementara itu, kabar dari markas Inggris, bek Chris Smalling sudah sembuh dan fit saat bersua Rusia. Ia akan menjadi teman duet Gary Cahill di area bek tengah. Cedera masih mendera bek kiri asal Southampton, Ryan Bertrand. Posisinya bakal diganti Danny Rose, yang bermain cukup bagus saat bersua Portugal.