by

FIFA Wacanakan Bursa Transfer Selama 6 Bulan

Asosiasi sepak bola dunia, FIFA, tengah menyusun sejumlah langkah strategis, termasuk merancang skenario bursa transfer di tengah pandemi COVID-19. Mereka dikabarkan berencana membuka bursa transfer selama 6 bulan lamanya, mulai bulan Juli 2020 sampai Januari 2021 mendatang.

Asal tahu saja, bursa transfer menjadi salah satu hal yang pasti akan terkena dampak akibat penangguhan beberapa kompetisi sepak bola untuk mencegah penyebaran virus corona. Selain itu, imbas terbesar di sepak bola adalah soal krisis keuangan bagi sejumlah klub.

Pendapatan mereka disebut menurun karena tidak adanya uang tiket dan hak siar. Hal itu membuat klub-klub mulai melakukan pemotongan gaji terhadap para pemainnya.

Menurut laporan Daily Mail, FIFA sedang mempertimbangkan untuk membuka bursa transfer jangka panjang yang dimulai bulan Juli 2020 hingga Januari tahun depan.
Seperti yang diketahui, biasanya bursa transfer dibuka setahun dua kali, yaitu pada bula Juli-Agustus dan Januari.

Menurut laporan itu, imbas dari adanya penangguhan kompetisi, sistem keuangan klub menjadi runtuh dan harga pemain di pasaran juga akan menurun drastis. Oleh karena itu, FIFA meyakini rencana memperpanjang jendela transfer dianggap sebagai langkah yang realistis.

FIFA berharap peraturan yang baru seperti ini, klub-klub berpeluang untuk bisa mengembalikan keuntungan mereka.

Klub-klub tersebut memiliki waktu untuk mengumpulkan pendapatan dari uang tiket dan hak siar begitu musim kompetisi sebelumnya selesai.
Selain itu, FIFA juga berupaya untuk memberikan regulasi yang berkaitan dengan kontrak pemain. Laporan itu menyebut mereka mewacanakan agar setiap kontrak pemain yang berakhir pada musim panas ini, akan otomatis diperpanjang hingga klub yang dibelanya menyelesaikan musim mereka.

Tentu saja, ditengah kekacauan yang diakibatkan virus corona kepada kompetisi sepak bola, FIFA akan bekerja keras untuk menyusun rencana strategis soal bursa transfer dan nasib para pemain yang kontraknya mau habis.

Namun, belum jelas kapan FIFA akan memberikan keputusan soal bursa transfer tersebut.