oleh

Everton Bungkam Juventus Di San Francisco


GOALOLEH   TEGAR PARAMARTHA     Ikuti di twitter


Everton sukses melaju ke babak berikutnya ajang Guinness International Champions Cup usai mengalahkan Juventus melalui drama adu penalti.

Kedua tim bermain imbang 1-1 hingga waktu normal berakhir dan di babak adu penalti, Juventus dipaksa mengakui keunggulan Everton dengan skor 6-5 setelah Andrea Pirlo dan Peluso gagal menyarangkan bola ke gawang Tim Howard, sementara di kubu Everton hanya Leon Osman yang gagal.

Babak Pertama

Everton mengawali pertandingan ini dengan lebih baik, beberapa tekanan mampu diberikan ke pertahanan Juventus. Bahkan, skuat asuhan Roberto Martinez berhasil mencetak gol di menit ke-14 melalui tembakan Steven Pienaar, namun sayang gol tersebut dianulir wasit karena Phil Jagielka yang berada dalam posisi offside tampak berusaha mengubah arah bola.

Perlahan Juventus mulai melancarkan serangan, meskipun kedua tim tampak kesulitan membongkar pertahanan masing-masing lawan. Akibatnya, tendangan jarak jauh menjadi opsi untuk kedua tim.

Marrone mencoba peruntungannya di menit ke-18, tetapi tembakannya masih dapat diantisipasi Tim Howard. Tujuh menit kemudian, giliran Pienaar yang melepas tembakan jarak jauh, tetapi kali ini penyelesaian pemain Afrika Selatan itu masih melenceng.

Juventus hampir mencuri gol satu menit setelah tembakan Pienaar. Memanfaatkan situasi tendangan penjuru, Tevez mengirim umpan silang yang mengarah tepat ke Marrone. Tetapi, ia gagal mengarahkan bola dengan akurat, meskipun ia berada sekitar dua meter dari depan gawang yang kosong.

Peluang terakhir didapatkan oleh Everton yang terus memberi tekanan di menit-menit akhir. Memanfaatkan umpan tendangan bebas Baines, tandukan Stones hampir menjebol gawang Juventus. Bola telah melewati Storari yang mati langkah, namun sayang mistar gawang menggagalkan gol tersebut. Kedudukan imbang tanpa gol akhirnya bertahan hingga babak pertama usai.

Babak Kedua

Kedua tim bermain lebih terbuka di paruh kedua, baru berjalan tujuh menit, Mirallas menebar ancaman setelah lolos dari penjagaan lini belakang Juventus dan berhadapan satu lawan satu dengan Storari, namun sayang ia gagal menaklukkan kiper Juve tersebut.

Namun, kegagalan itu berhasil ditebus oleh Mirallas di menit ke-62, ia mampu menusuk melalui sisi kiri pertahanan Juve sebelum menjebol gawang Juve dengan tembakannya.

Tertinggal satu gol membuat Juve bangkit menyerang, skuat asuhan Antonio Conte mendapatkan peluang melalui kemelut akibat umpan silang Tevez, namun sayang Llorente dan Vidal gagal memanfaatkannya.

Conte mencoba mengubah keadaan dengan mengeluarkan Llorente dan memasukkan Vucinic dan juga Pirlo. Namun, perubahan tersebut tidak memberi dampak bagus secara langsung.

Everton berhasil mencuri beberapa peluang emas usai pergantian pemain tersebut, pada menit ke-73 tandukan dari Coleman berhasil ditepis oleh Storari. Tiga menit kemudian, berawal dari kesalahan Peluso, Pienaar mendapatkan bola bebas dan tinggal berhadapan dengan kiper, tetapi sayang tembakannya masih melenceng.

Pertandingan berjalan dengan semakin terbuka di menit-menit akhir. Tim Howard dipaksa melakukan penyelamatan dua kali beruntun dari tembakan Tevez dan Vucinic. Sementara Storari juga jatuh bangun menghentikan tembakan Mirallas.

Namun, Juventus akhirnya sukses menyamakan kedudukan melalui tembakan keras Kwadwo Asamoah yang membuat Howard tidak berkutik. Gol itu mengubah kedudukan menjadi 1-1 dan memaksa pertandingan disudahi dengan adu tendangan penalti.

Adu Penalti

Penendang penalti pertama Everton, Osman, gagal menaklukkan Storari sehingga Juventus unggul, dan Si Nyonya Tua berhasil mengamankan keunggulan mereka hingga penendang terakhir, Pirlo, namun sayang tembakan gelandang veteran tersebut meleset sehingga adu penalti kembali dilanjutkan.

Stones dan Motta yang menjadi penendang tambahan pertama kedua tim, menyelesaikan tugasnya dengan baik. Tim Howard akhirnya menjadi penentu kemenangan The Toffees setelah ia mampu menepis tembakan Peluso yang menjadi penendang tambahan kedua Juventus.

Susunan Pemain