by

Erling Haaland, Top Skor Muda Liga Champions

DORTMUND – Penyerang Borussia Dortmund, Erling Haaland, saat ini berstatus sebagai top skor sementara Liga Champions 2019-2020 dengan koleksi 10 gol. Terbaru, penyerang berpaspor Norwegia itu memborong semua gol Dortmund saat menang 2-1 atas Paris Saint-Germain (PSG) pada leg I babak 16 besar Liga Champions 2019-2020, Rabu (19/2/2020) dini hari WIB.

Hanya saja, Haaland tidak sendiri mengemban status di atas. Sebab, koleksi 10 gol Haaland sama persis dengan bomber Bayern Munich, Robert Lewandowski. Meski begitu, masih ada peluang bagi Haaland untuk menambah pundi-pundi golnya di Liga Champions musim ini.

Sebab, berkat kemenangan 2-1 atas PSG, peluang Dortmund lolos ke 16 besar Liga Champions 2019-2020 sangat-sangat terbuka. Jika nantinya keluar sebagai pencetak gol terbanyak di Liga Champions, Haaland akan mencetak rekor baru.

Ia akan tercatat sebagai pesepakbola termuda yang meraih status top skor di era Liga Champions, tepatnya berusia 19 tahun. Haaland mengalahkan rekor yang sebelumnya dipegang kapten Barcelona, Lionel Messi.

Messi meraih gelar top skor Liga Champions perdananya pada 2008-2009. Saat itu, usia Messi baru 22 tahun. Meski begitu, sukses atau tidaknya Haaland menjadi top skor Liga Champions, prestasi yang dicetak penyerang berambut pirang itu musim ini luar biasa.

Jumlah gol Haaland musim ini fantastis, baik bersama RB Salzburg (paruh pertama musim) dan Borussia Dortmund (paruh kedua musim). Total dari 29 pertandingan di semua kompetisi, Haaland mengoleksi 39 gol! Khusus bersama Dortmund, Haaland mencetak 11 gol dari tujuh pertandingan.