oleh

Emmanuel Adebayor Menangkan Tottenham Hotspur atas Southampton

Tottenham Hotspur memetik kemenangan 3-2 dalam kunjungan mereka ke St Mary Stadium, saat dijamu Southampton, Minggu (22/12) malam WIB.

Kemenangan itu menjadi kemenangan pertama Tim Sherwood setelah diposisikan sebagai caretaker Tottenham, yang memecat pelatih utama Andre Villas-Boas awal minggu ini.

Emmanuel Adebayor menjadi pahlawan kemenangan Tottenham di laga ini dengan dua golnya.

Babak I

Jual beli serangan sudah terjadi sejak menit pertama laga. Tottenham lewat aksi Roberto Soldado, sementara Southampton mengancam lewat Lambert.

Tapi, Adam Lallana yang akhirnya bisa memasukkan namanya di papan skor lebih dulu dengan melepas tendangan keras dalam posisi tak terkawal di lini pertahanan Tottenham di menit 13.

Keunggulan itu membuat Southampton tampil lebih galak. Di menit 22, Lallana kembali lolos dari sergapan dua pemain belakang Tottenham dan melepas tendangan, namun arahnya masih melebar.

Tottenham bisa menyamakan kedudukan di menit 25. Dikirimi umpan Soldado, Emmanuel Adebayor memaksimalkannya dengan tendangan jarak dekat. Skor pun menjadi 1-1.

Di menit 34, Tottenham nyaris unggul. Tendangan Sigurdsson mengenai pemain lawan dan berubah arah menjauh dari gawang.

Eriksen juga berusaha memberikan ancaman dengan tendangan volinya. Bola tendangan Adebayor juga masih bisa diblok. Skor 1-1 pada akhirnya bertahan hingga turun minum.

Babak II

Southampton memulai paruh kedua dengan menguasai bola. Tapi, tim tuan rumah malah kecolongan ketika laga genap berjalan sepuluh menit di babak kedua.

Hooiveld menjebol gawangnya sendiri setelah salah mengantisipasi bola yang dikirimkan Rose. Tottenham pun memimpin.

Tapi Lallana bisa menyamakan kedudukan dengan mengirimkan umpan kepada Lambert, yang dituntaskan dengan baik untuk mengubah kedudukan menit 22 di menit 60.

Tottenham meresponnya dengan dua ancaman ke gawang lawan, salah satunya berujung gol. Adebayor menjadi pencetak gol dengan tendangan kerasnya di menit 64.

Keunggulan skuat asuhan Tim Sherwood nyaris bertambah di menit 66, jika saja Soldado lebih tenang dalam memaksimalkan peluangnya.

Sementara tim tuan rumah terus berusaha mengejar ketertinggalan mereka, kembali lewat aksi Lallana, tapi barisan belakang Tottenham masih sigap mengamankan daerah mereka.

Dengan waktu yang terus berjalan larut, skuat Southampton semakin tertekan karena berada dalam kondisi tertinggal, hingga pada akhirnya harus menyerah dengan skor 3-2 dari Tottenham.

Dengan hasil ini, Tottenham pun menggeser posisi Manchester United dari peringkat tujuh dengan mengantungi 30 angka dari 17 pertandingan. Sementara Southampton bertahan dengan 24 poin.

Susunan Pemain:
Southampton: Gazzaniga, Chambers, Lovren, Hooiveld, Fox, Cork, Schneiderlin, S. Davis, Lallana, Rodriguez, Lambert.

Pemain pengganti: Cropper (GK), Yoshida, Fonte, Ram�rez, Ward-Prowse, Reed, Gallagher.

Tottenham: Lloris; Walker, Dawson, Chriches, Rose; Lamela, Dembele, Eriksen, Sigurdsson; Adebayor, Soldado.

Pemain pengganti:
Tottenham subs: Friedel, Capoue, Fredericks, Bentaleb, Holtby, Chadli, Defoe.