by

Ederson Kalahkan Alisson Becker Raih Golden Gloves Premier League

Kiper Manchester City, Ederson, sukses meraih penghargaan Golden Gloves Premier League 2019-20, mengalahkan kiper Liverpool Alisson Becker.

Kepastian Ederson meraih penghargaan tersebut didapat setelah Man City menjalani laga pekan 38 EPL melawan Norwich City. Di laga itu ia meraih clean sheet dan membantu timnya menang telak 5-0.

Itu adalah torehan clean sheet yang ke-16 pada musim ini. Jumlah tersebut menjadi yang paling banyak dibanding kiper-kiper lainnya di Premier League.

Pesaing terdekatnya adalah kiper Burnley, Nick Pope. Sebelumnya keduanya sama-sama meraih 15 clean sheet.

Akan tetapi Pope gagal menambah catatan clean sheet timnya di pekan ke-38 ini. Pasalnya gawangnya dijebol duo Brighton Yves Bissouma dan Aaron Connolly dan akhirnya kalah dengan skor 1-2.

Ederson bermain bagi Manchester City sejak musim panas 2017 lalu. Di musim perdananya, ia nyaris meraih penghargaan Golden Glove.

Akan tetapi ia dikalahkan oleh kiper Manchester United, David De Gea. Saat itu kiper Spanyol tersebut mencatatkan 18 clean sheet.

Pada musim 2018-19 kemarin, City jadi juara Premier League. Namun Ederson kalah dari koleganya yang bermain di Liverpool, Alisson Becker. Saat itu Alisson mencatatkan 21 clean sheet.

Ia kini mulai mengikuti jejak Joe Hart. Kiper asal Inggis itu sebelumnya meraih empat penghargaan Golden Glove saat masih membela Manchester City.

Ederson dan Nick Pope berada di peringkat satu dan dua dalam peraih catatan clean sheet terbanyak di Premier League musim ini. Uniknya di peringkat ketiga, ada banyak kiper yang berada di posisi tersebut.

Ada lima kiper yang sama-sama meraih catatan 13 clean sheet. Mereka adalah David De Gea, Rui Patricio, Dean Henderson, Alisson, dan Kasper Schmeichel.

Bagi Alisson Becker sendiri, ia bisa beralasan terkait kegagalannya bersaing dengan Ederson dalam meraih penghargaan Golden Glove ini. Sebab di awal musim ia harus absen cukup lama setelah menderita cedera lutut.