oleh

Duel Pemain Kunci Indonesia U-23 – Thailand U-23

www.news7up.com – Duel sengit akan terjadi antara Indonesia U-23 dan Thailand U-23 di partai terakhir grup E Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan. Kendati kedua tim sudah mengamankan langkah mereka menuju fase berikutnya, namun menjadi juara Grup akan lebih baik demi menghindari Korea Utara yang mampu menundukkan Tiongkok dan Pakistan di Grup F.

Thailand yang memang tak seproduktif Indonesia yakin bisa menjadi juara Grup, di sisi lain Indonesia arahan Aji Santoso sudah berujar tidak akan pilih-pilih lawan untuk babak 16 besar dan bakal merombak besar susunan pemain.

Ferdinand Sinaga yang sudah menjaringkan enam gol, termasuk quattrick ke gawang Timor Leste, besar kemungkinan akan disimpan terlebih dahulu. Sedangkan Ramdani Lestaluhu yang memulai laga awal Asian Games dengan kondisi 80 persen dipastikan absen karena cedera, bersama dengan sang kapten Dedi Kusnandar yang terkena hantaman di bagian lutut saat kontra Maladewa.

Kendati begitu, ada beberapa nama yang tak bisa diragukan aksinya bisa membantu Indonesia melangkahi Thailand arahan Kiatisuk Senamuang. Dan Goal Indonesia telah mengemas enam pemain yang bakal jadi penentu laga yang akan digelar 22 September mendatang!
 

Victor Igbonefo (Indonesia)

 
Rasanya bakal sulit menyingkirkan Victor Igbonefo dari susunan pemain. Pasalnya, kematangan dari bek naturalisasi asal Nigeria itu cukup bisa membantu pertahanan Indonesia. Duetnya bersama Manahati Lestusen menghasilkan dua clean-sheet di laga awal Garuda Muda kontra Timor Leste dan Maladewa.

Pengalaman internasional Victor bersama timnas senior diharapkan bisa meredam permainan cepat dari Thailand, yang tak setajam Indonesia saat bentrok dengan Maladewa dan Timor Leste.
 

Fandi Eko Utomo (Indonesia)

 
Fandi Eko Utomo sudah menyumbangkan satu gol bagi tim Garuda Muda saat membungkam Timor Leste, skor 7-0, di laga perdana Asian Games. Penampilan dari putra Yusuf Ekodono itu pun begitu menjanjikan di laga melawan Maladewa. Pemain Persebaya Surabaya ini begitu gigih dan paling rajin melepaskan tendangan jarak jauh yang cukup membuat tegang kiper Maladewa kala itu.

Posisi Ramdani Lestaluhu yang sepertinya akan jatuh kepada eks Persela Lamongan ini. Bisa mengisi banyak sektor salah satu kelebihan Fandi. Ditambah rasa penasaran atas kekalahan dari Thailand di SEA Games tahun lalu, pemuda ini diharapkan bakal ngotot mengancam Gajah Perang.
 

Yandi Sofyan Munawar (Indonesia)

 
Ferdinand Sinaga kemungkinan bakal diparkir oleh Aji Santoso, meski striker asal Persib Bandung itu begitu subur di dua laga awal. Jika memilih antara Aldaier Makatindu atau Yandi Sofyan yang bakal mengisi pos dari Ferdinand, nama Yandi rasanya lebih relevan.

Adik dari Zainal Arif punya pengalaman menjadi andalan Garuda Muda di ajang SEA Games 2013, duetnya dengan Fandi Eko (yang kemungkinan akan jadi starter) pun sudah teruji bisa membawa Indonesia yang kala itu dilatih Rahmad Darmawan menembus final. Ilmu yang didapatnya dari Australia bersama Brisbane Roar diharap bisa membantu Indonesia mengalahkan Thailand.
 

Narubodin Weerawatnodom (Thailand)


Narubodin jadi pemain Thailand pertama yang mencatatkan namanya di papan skor, saat laga pembuka kontra Maladewa yang berakhir 2-0 untuk tim arahan Kiatisuk Senamuang. Pemuda yang membela BEC Tero Sasana ini memang jadi andalan di lini belakang Young Elephants dalam melakukan penetrasi lewat sisi kanan.

Kemampuannya menyisir lapangan diimbangi dengan peran penuh tanggung jawab dalam bertahan. Meski baru 20 tahun, ia sudah mendapat panggilan timnas senior Thailand.
 

Charyl Chappuis (Thailand)

Charyl Chappuis merupakan bintang lapangan karena bisa mengubah permainan dengan kelihaiannya menjadi komposer di lini tengah. Diogo Santos Rangel, yang sudah berhadapan dengannya pun menyebut bahwa Charyl harus jadi pemain yang paling diwaspadai Indonesia karena mobilitasnya.

Pemain berdarah Swiss ini juga sudah pernah mendapat panggilan internasional membela Swiss sejak level U-15, namun kini ia jadi andalan tim U-23 Thailand dan sudah mengemas caps senior.

Chanathip Songkrasin (Thailand)


Satu lagi pemain muda Thailand yang sudah mendapat panggilan tim senior, dia adalah Chanathip Songkrasin. Pemain yang biasa menjalani peran sebagai winger kanan ini tak jarang diandalkan sebagai striker lubang atau gelandang serang.

Giringan bola dan visi mengirim umpan yang bagus membuat Chanatip mendapat tempat regular bersama BEC Tero Sasana dan Thailand U-23. Dirinya bahkan sudah pernah menjebol gawang Tiongkok dan Kuwait saat berkostum tim senior.