oleh

Drama Adu Penalti, Argentina Lolos Semifinal Copa America 2024

Tim nasional Argentina berhasil melaju ke babak semifinal Copa America 2024 setelah mengalahkan Ekuador 4-2 (1-1) dalam adu penalti di Stadion NRG, Texas, pada hari Jumat (5/7).

Argentina unggul lebih dulu pada menit ke-35 lewat sundulan bek Lisandro Martinez yang memanfaatkan situasi sepak pojok. Setelah bermain imbang 1-1 dalam 90 menit, pertandingan harus dilanjutkan ke adu penalti karena peraturan turnamen tidak memberlakukan babak tambahan pada babak gugur selain laga final.

Dalam adu penalti, Messi mengambil tendangan pertama tetapi penalti panenka Messi membentur mistar gawang kendati kiper Dominguez terkecoh dengan bergerak ke kiri. Emiliano Martinez tampil gemilang dengan menepis penalti Angel Mena ke sisi kiri. Skor tetap imbang 0-0.

Julian Alvarez jadi algojo kedua bagi Argentina dan sepakan Alvarez ke pojok kiri atas gawang Ekuador membawa Argentina unggul 1-0. Tendangan penalti kaki kanan Alan Minda ditepis Martinez. Argentina tetap unggul 1-0.

Alex Mac Allister menambah keunggulan penalti Argentina jadi 2-0 setelah sepakan ke sisi kiri gawang lawan mengecoh Dominguez. John Yeboah memperkecil kedudukan jadi 1-2. Namun Gonzalo Montiel kembali memperbesar keunggulan La Albiceleste jadi 3-1.

Jordy Caicedo menambah persaingan adu penalti dengan membuat skor jadi 2-3. Argentina akhirnya memenangkan laga ini setelah penalti Nicolas Otamendi membawa Tim Tango menang adu penalti 4-2.

Kemenangan atas Ekuador itu meloloskan Argentina ke semifinal Copa America 2024.