oleh

Deretan Bintang yang Akan Tinggalkan Serie A Italia

Bursa transfer pemain menjadi berita dari dunia sepakbola yang selalu menarik untuk disimak. Tak terkecuali di musim panas 2017 ini.

Para pemain datang dan pergi, pindah dari satu klub ke klub lain. Ada yang kepindahannya tak disangka-sangka, ada pula yang memang sudah diduga karena jauh-jauh hari terdengar rumornya.

Di Liga Italia Serie A, salah satu transfer yang cukup mengejutkan adalah hengkangnya Mohamed Salah dari AS Roma ke Liverpool. Pemain Mesir itu kembali ke Inggris dengan nilai transfer 42 juta euro.

Padahal, Salah termasuk pemain kunci AS Roma dalam dua musim terakhir. Selama membela I Giallorossi, ia membukukan 34 gol dan 24 assist dalam 83 pertandingan.

Selain Salah, masih ada beberapa pemain bintang lainnya yang juga telah meninggalkan Serie A di musim panas ini. Mereka hijrah ke luar Italia untuk mencicipi perjalanan karier baru. Berikut tiga pemain selain Salah yang telah resmi hengkang dari Serie A.

Antonio Rudiger

Antonio Rudiger pindah ke Chelsea dengan nilai transfer yang cukup mahal, yakni 35 juta euro. Bek Timnas Jerman itu tak akan lagi tampil di Serie A musim ini setelah membela AS Roma selama dua musim.

Sebelum resmi menjadi milik Chelsea, Rudiger juga sempat diincar oleh Inter Milan. Namun prestasi Chelsea yang lebih baik membuat bek 24 tahun itu lebih memilih bergabung bersama The Blues. Selain mendapat gaji tinggi, ia juga akan tampil di Liga Champions musim ini.

Rudiger awalnya dipinjam oleh Roma dari Stuttgart pada musim panas 2015 dengan biaya 4 juta euro. Setahun kemudian, ia dipermanenkan dengan harga 9 juta euro. Selama merumput di Serie A, pemain keturunan Sierra Leone itu tampil di 56 pertandingan, dan menyumbang 2 gol dan 2 assist.

Luis Muriel

Bukan Inter Milan ataupun AC Milan, penyerang Kolombia, Luis Muriel, akhirnya memilih hengkang ke Sevilla. Sampdoria melepasnya ke klub Spanyol itu seharga 20 juta euro.

Dengan demikian, kiprah Muriel di Serie A tak akan lagi terlihat musim ini. Meski bukan membela klub besar, penyerang berusia 26 tahun itu kerap merepotkan lawan dan gol-golnya sering menjadi penentu kemenangan bagi Sampdoria. Salah satunya adalah ketika melawan AC Milan di San Siro musim lalu.

Selama di Italia, selain Sampdoria, Muriel juga pernah membela Lecce dan Udinese. Total, ia bermain di 165 pertandingan, mencetak 43 gol dan 33 assist sejak tahun 2010. Khusus untuk Sampdoria, ia menyumbang 24 gol dan 20 assist dalam 84 penampilan selama dua musim.

Ever Banega

Baru setahun merumput di Serie A, Ever Banega sudah keluar lagi. Ya, gelandang Timnas Argentina itu tak bertahan lama di San Siro. Ia kembali ke klub lamanya, Sevilla.

Satu musim membela Inter, Banega sejatinya bermain cukup bagus, dengan catatan 6 gol dan 8 assist dalam 33 pertandingan. Namun manajemen Inter tetap merasa tak puas dan menganggap pemain 29 tahun itu gagal menyesuaikan diri.

Terlepas dari itu, penjualan Banega tetap memberikan keuntungan bagi Inter Milan. Pasalnya, I Nerazzuri merekrut pemain jebolan akademi Boca Juniors itu secara gratis pada musim panas 2016, setelah kontraknya habis dan Sevilla tak memperpanjangnya Bersama Inter, Banega tadinya masih terikat kontrak sampai Juni 2019.