oleh

Derby County Terdegradasi Dan Ditinggalkan Oleh Sang Pelatih Wayne Rooney

Kebersamaan Wayne Rooney dengan Derby County akhirnya berakhir. Rooney sudah memutuskan untuk mundur dari posisi pelatih kepala klub berjuluk The Rams tersebut.

Rooney mulai menangani Derby County pada November 2020 dengan status sebagai player-manager. Dia kemudian menggantikan Phillip Cocu dan menjadi manajer penuh pada musim 2021/22.

Sayangnya, musim penuh pertama Rooney menangani Derby berakhir menyedihkan. Mantan striker Setan Merah itu gagal menghindarkan Derby dari degradasi Championship.

Derby harus turun ke League One karena menduduki peringkat 23 dengan 34 poin dari 46 pertandingan. Mereka dihukum pengurangan 21 poin karena masalah administrasi dan finansial.

Keputusan Rooney untuk meninggalkan Derby County dikonfirmasi oleh pihak klub pada Jumat sore, 24 Juni 2022, waktu setempat.

“Wayne Rooney hari ini memberi tahu Derby County Football Club bahwa dia ingin dibebaskan dari tugasnya sebagai manajer tim utama dengan segera,” bunyi pernyataan klub.

Setelah Derby County turun kasta, Rooney akhirnya mengambil keputusan untuk mundur Pride Park Stadium pada musim panas ini. Dia merasa sudah waktunya meninggalkan klub.

“Selama musim panas saya telah mengikuti perkembangan mengenai kepemilikan Derby County,” kata Rooney dilansir dari sky Sports.

“Hari ini saya bertemu dengan manajemen ntuk memberi tahu mereka tentang keputusan saya bahwa sudah waktunya bagi saya untuk meninggalkan klub. Dalam keadilan bagi mereka, mereka berusaha sangat keras untuk mengubah keputusan saya tetapi pikiran saya sudah bulat,”

“Waktu saya di klub telah menjadi rollercoaster emosi, baik pasang surut, tetapi saya harus mengatakan bahwa saya menikmati tantangannya.”

Rooney juga mengatakan Derby County sudah waktunya dipimpin oleh sosok anyar sehingga klub bisa kembali ke level tertinggi, di tengah tidak adanya kejelasan soal kepemilikan klub.

“Secara pribadi, saya merasa klub sekarang perlu dipimpin oleh seseorang dengan energi segar dan tidak terpengaruh oleh peristiwa yang telah terjadi selama delapan belas bulan terakhir,” lanjut Rooney.

Meski berjalan cukup singkat, Rooney menegaskan bahwa dirinya tidak akan melupakan pengalamannya melatih Derby. Dia juga berharap The Rams bisa mendapatkan kesuksesan di masa depan.

“Saya akan mengingat waktu saya di Derby dengan bangga dan penuh kasih sayang dan ingin mengucapkan terima kasih kepada semua staf saya, pemain dan tentu saja para penggemar atas dukungan luar biasa mereka,” tegasnya.

“Saya tidak akan pernah melupakan Anda dan berharap untuk melihat Anda semua lagi dalam waktu dekat dan di saat-saat yang lebih bahagia.

“Akhirnya, saya menyadari bahwa klub masih memiliki pihak-pihak yang berkepentingan yang ingin mengambil alih jalannya klub. Kepada mereka saya katakan ini, Derby County adalah klub hebat dengan sejarah hebat dan penggemar hebat. Saya berharap yang terbaik untuk Anda semua. dan banyak kesuksesan untuk masa depan.”