oleh

Danny Welbeck Cetak Dua Gol, Inggris Kandaskan Moldova 4-0

Danny Welbeck Cetak Dua Gol, Inggris Kandaskan Moldova 4-0
Danny Welbeck Cetak Dua Gol, Inggris Kandaskan Moldova 4-0

Inggris menghadapi Moldova di Wembley Stadium, London, Jumat (6/9) dalam lanjutan babak kualifikasi Piala Dunia 2014. Pelatih Roy Hodgson akhirnya menurunkan pemain debutan Rickie Lambert sebagai starter menyusul cedera yang dialami Wayne Rooney dan Daniel Sturridge.

Striker Norwich City itu diduetkan dengan Danny Welbeck di lini depan. Hodgson masih mempercayakan Joe Hart sebagai kiper utama meskipun performanya sedang menurun belakangan ini.

Sedangkan Wilshere yang sempat dikabarkan belum pulih dari cedera, ternyata diturunkan sebagai starter untuk mendampingi Gerrard, Lampard dan Walcott di lini tengah.

Menguasai permainan sejak menit awal, tuan rumah langsung menggempur pertahanan lawan. Usaha Walcott langsung berbuah tendangan sudut di menit kedua yang berujung pada sundulan melebar Lambert.

Kerjasama Cole dan Welbeck, diteruskan oleh Lampard yang kemudian memberi umpan pada Gerrard. Kapten tim Inggris itu mampu mengelabui kiper Namasco dan mencetak gol di menit ke-12. Beberapa menit kemudian, Walcott sempat mencetak gol tapi dibatalkan wasit karena dinilai off-side.

Lampard dan Wilshere mencoba tendangan jarak jauh tapi masih bisa dimentahkan Namasco. Moldova sempat mempunyai beberapa peluang, terutama melalui Gheorghiev tapi gagal menaklukkan Hart. Inggris mampu menambah keunggulan di menit ke-26 melalui sundulan Lambert.

Ini merupakan gol pertama Lambert di laga resmi tapi menjadi gol keduanya di timnas setelah mencetak gol dalam laga persahabatan melawan Skotlandia pada Agustus lalu. Pemain Norwich ini pun membuat rekor 100 persen, bermain dua kali dan mencetak dua gol untuk Inggris.

Pertandingan praktis berakhir setelah Welbeck mencetak gol ketiga tuan rumah di menit terakhir babak pertama setelah mendapat umpan terobosan dari Lambert. Di babak kedua, Inggris sedikit mengendurkan tekanan walaupun masih mendominasi laga.

Kombinasi Welbeck dan Lambert kembali menghasilkan. Welbeck mencetak gol di menit ke-50 setelah kembali mendapatkan umpan terobosan dari Lambert. Beberapa menit kemudian Hodgson menarik keluar Wilshere yang mengalami cedera dan digantikan Barkley yang merupakan debutnya di timnas senior.

Sampai laga berakhir tidak ada gol lagi yang tercipta. Hasil ini membuat Inggris sementara memuncaki klasemen Grup H dengan mengumpulkan 15 poin dari tujuh laga, unggul selisih gol dari Montenegro yang mengkoleksi poin yang sama dari delapan laga.

Namun dalam laga krusial menghadapi tuan rumah Ukraina, Selasa (10/9), Inggris tak akan diperkuat Welbeck yang mendapat kartu kuning dalam laga ini, sementara kondisi Wilshere juga masih diragukan setelah kembali mengalami cedera.

Susunan pemain

Inggris:Hart; Walker, A. Cole/Baines, Cahill, Jagielka, Gerrard, Lampard, Wilshere/Barkley, Walcott, Welbeck, Lambert/Milner

Moldova: Namasco; Armas, Golovatenco, Ionita/Onica, Epureanu, Bulgaru/Suvorov, Dedov, Gheorghiev/Pascenco, Bordiyan, Sidorenco, Antoniuc