oleh

Chelsea Bungkam Liverpool 0-2

Mimpi Liverpool memperbesar peluang juara Liga Primer harus mendapat sandungan setelah mereka menelan kekalahan pertama tahun ini dari Chelsea, Minggu (27/4).

Menguasai pertandingan sejak menit awal, The Reds harus kebobolan gol pertama setelah kapten Steven Gerrard terpeleset saat berusaha menjangkau bola dari Mamadou Sakho. Demba Ba, yang berada di dekat ikon The Reds dengan cepat menyambar bola untuk dilesakkan ke gawang Simon Mignolet.

Di tengah usaha mencari gol penyeimbang, Liverpool malah kembali kebobolan. Fokus menyerang membuat tuan rumah lengah menjaga daerah pertahanan, sehingga duet Willian dan pemain pengganti Fernando Torres berhasil memaksimalkan serangan balik. Gol kedua tim London Barat yang dicetak Willian langsung disambut meriah oleh Jose Mourinho.

Kemenangan Chelsea di Anfield kian meramaikan persaingan gelar Liga Primer musim ini dengan tiga tim – termasuk Liverpool dan Manchester City di dalamnya – memiliki kans menjadi kampiun.

Babak pertama
Chelsea berusaha menekan di awal laga, dengan menyisir sayap kiri lewat Schurrle, tapi usahanya berhasil dimentahkan Johnson. Di menit keenam, Simon Mignolet melakukan penyelamatan gemilang untuk menghalau sepakan Cole dari jarak 35 yard.

The Reds berusaha keluar dari tekanan, dan mendapat peluang pertama lewat Suarez. Striker Uruguay mendapatkan ruang dan mengirim bola ke tiang jauh untuk Coutinho, sayang, tendangan volinya masih belum menemui sasaran.

Liverpool kembali mengancam gawang lawan, tapi kali ini usaha Suarez berhasil diselamatkan Cole. Bola liar disambar Sakho, tapi sepakannya melambung. Tak lama kemudian, giliran kapten Gerrard yang melepaskan tembakan keras, namun laju bola bisa diantisipasi Kalas.

Tim London mendapatkan peluang lewat sepak pojok, yang dilepaskan Frank Lampard. Namun, Mignolet tak mendapat ancaman berarti karena Gerard berhasil menanduk bola mengamankan area pertahanan.

Liverpool melancarkan serangan balik cepat sebelum Suarez melepaskan tembakan dari luar kotak penalti, namun bola masih meluncur ke sisi kiri gawang Schwarzer.

Chelsea akhirnya memecah kebuntuan di pengujung babak pertama. Kapten Steven Gerrard terpeleset saat berusaha menerima bola di dekat garis pertahanan. Demba Ba yang berada di dekatnya tak menyia-nyiakan kesempatan dengan langsung mencuri bola dan melesakkannya ke gawang Mignolet.

Babak kedua 

Tak banyak yang berubah di awal babak kedua ini, Liverpool tetap berinisiatif membangun serangan lebih dulu namun miskomunikasi antara Lucas dan Suarez membuat Schwarzer mudah saja mengamankan bola.

Sterling berhasil melewati Azpilicueta di sisi kiri, tapi sang bek berhasil menyapu bola. Si kulit bundar berhasil dicuri Suarez, namun usahanya hanya membuahkan sepak pojok. The Reds terus menekan, namun sejauh ini belum ada peluang berarti untuk menyamakan kedudukan.

Schwarzer menyelamatkan gawangnya dari ancaman yang diberikan Johnson di menit 59, sebelum Schurrle gantian meneror pertahanan tuan rumah ketika sepakannya mendatarnya berhasil diredam Mignolet.

Tim Brendan Rodgers terus menggempur pertahanan The Blues, namun rapatnya lini belakang membuat mereka kesulitan mendapat ruang tembak untuk setidaknya menyamakan kedudukan.

Gerrard mengirim crossing untuk Sturridge tapi hanya membuahkan sepak pojok. Chelsea berhasil mengamankan daerahnya, namun bola liar coba dimanfaatkan Suarez sayang sepakannya masih dapat diblok sehingga kembali menghasilkan corner. Kemelut di depan gawang Schwarzer lagi-lagi gagal dimaksimalkan The Reds.

Terus meneror lini belakang The Blues, Liverpool malah kecolongan untuk kali kedua. Saat asyik menyerang, serangan balik kembali dilancarkan tim tamu, memungkinkan Torres memberi umpan kepada Willian yang tak membuang kesempatan untuk menaklukkan Mignolet. Gol Willian langsung disambut meriah oleh Jose Mourinho dari pinggir lapangan.

Susunan Pemain
Liverpool: Mignolet, Johnson, Skrtel, Sakho, Flanagan, Gerrard, Allen, Lucas, Coutinho, Sterling, Suarez
Cadangan: Jones, Toure, Agger, Cissokho, Alberto, Aspas, Sturridge

Chelsea: Schwarzer, Azpilicueta, Ivanovic, Kalas, Cole, Lampard, Mikel, Matic, Salah, Schurrle, Ba
Cadangan: Hilario, Ake, Cahill, Van Ginkel, Baker, Willian, Torres