oleh

Bursa Transfer Liga Italia: Boulaye Dia Jadi Rebutan

Penyerang liga Senegal Italia Boulaye Dia tampil mengesankan tim-tim di liga Italia dan Liga Inggris saat membela Salernitana.

Bersama Salernitana yang dipinjamkan dari Villarreal pada musim panas lalu, ia tampil impresif dengan torehan 16 gol dari 33 penampilan.

Berkat dia, Salernitana mengamankan degradasi dan bertahan di Serie A.

Tim Serie A seperti AS Roma, Lazio Roma, Napoli, Fiorentina dan tim Liga Premier Everton, West Ham dan Burnley semuanya tertarik untuk mengontraknya di bursa transfer musim panas ini.

Selain tim Serie A, tim Liga Premier seperti Everton, West Ham dan Burnley juga tertarik untuk mengontraknya. Pada 15 Juli dia akan membayar 25 juta euro karena klausul rilis dimasukkan dalam kontraknya dan diaktifkan.

Klausul tersebut mulai berlaku setelah golnya yang ke-15 di Serie A musim itu.

Karakter apa yang menjadi base player Salernitana?

Nama lengkap pemain Salernitana ini adalah Boulaye Dia. Ia lahir pada 16 November 1996 di Oyonnax, Prancis. Meski lahir di Prancis, pemain berusia 26 tahun itu ingin mendapatkan kewarganegaraan Senegal.

Belum diketahui agama mana yang dimiliki Boulaye. Ia tidak pernah mengunggah foto-foto ibadahnya di media sosialnya seperti Instagram dan Twitter.

Menurut Transfermarkt, Boulaye menghabiskan karir mudanya di klub Prancis Plastic Vallee FC. Setahun kemudian, pemain setinggi 1,80 meter Jura Sud bergabung. Klub Ligue 1 Prancis Stade Reims menyaksikan penampilan memukau mereka dari lapangan hijau. Dia bermain untuk klub Reims selama tiga musim dan mencetak 28 gol dalam 88 penampilan di semua kompetisi.

Kemudian, di awal musim 2021, Villarreal membeli Boulaye seharga €12 juta (Rp208 miliar). Gagal mendapat tempat utama di tim The Yellow Submarine, ia dipinjamkan ke Salernitana pada awal musim 2022-2023.

Klub yang baru saja promosi ke kasta teratas Serie A itu memiliki dana sebesar satu juta euro (Rp 17 miliar) untuk dibelanjakan. Boulaye menjadi andalan di barisan depan tim asuhan Paulo Sousa musim ini.

Mantan pemain Reims itu juga merupakan pemain yang kerap dipanggil ke timnas Senegal. Pada debutnya sejak Oktober 2020, ia memenangkan 25 pertandingan dan mencetak 5 gol sekaligus mengangkat trofi Piala Afrika 2022.