oleh

Brasil Bungkam Korsel Lewat Gol Neymar dan Oscar 2-0

Brasil Bungkam Korsel Lewat Gol Neymar dan Oscar
Brasil Bungkam Korsel Lewat Gol Neymar dan Oscar

Brasil sanggup menuntaskan perlawanan tuan rumah Korea Selatan dengan skor meyakinkan 2-0, Sabtu (12/10) di Seoul World Cup Stadium dalam laga persahabatan. Neymar dan Oscar menjadi inspirator kemenangan Selecao lewat golnya di akhir babak pertama dan awal babak kedua.

Babak Pertama

Sepanjang babak pertama, Korsel mampu menghambat kreativias permainan Brasil yang dipimpin oleh Neymar dan Oscar. Beberapa kali upaya sang tuan rumah Piala Dunia 2014 untuk mencetak gol digagalkan oleh rapatnya pertahanan dari pasukan Hong Myung-Bo itu.

Peluang emas Brasil di babak pertama sempat tercipta menit 13 dan 23 ketika Hulk dan Oscar sama-sama gagal mengarahkan bola tepat ke arah gawang Korsel. Neymar beberapa kali menciptakan peluang berbahaya, tetapi kiper Jung Sung-Ryong juga berulang kali mampu menjaga gawangnya dengan baik.

Tuan rumah sendiri bukannya tanpa peluang. Di menit 27, umpan silang berbahaya Lee Chung-Yong dari sayap kanan hampir berbuah gol, namun Ja Cheol gagal memaksimalkan peluang itu setelah David Luiz dan kiper Jefferson sama-sama berjibaku untuk menghalau bola.

Namun, dua menit menjelang turun minum, Brasil sukses memecah kebuntuan. Penyerang Brasil Jo dijatuhkan Chung-Yong tepat di luar kotak penalti. Neymar sukses mengeksekusi tendangan bebas itu untuk membuat Selecao unggul 1-0 hingga turun minum.

Babak Kedua

Babak kedua baru berlangsung empat menit, Brasil langsung menggebrak. Umpan jitu Paulinho mampu disambut Oscar. Gelandang Chelsea itu menggiring bola ke kotak penalti, melewati kiper Korsel, dan menceploskan bola ke gawang kosong. Brasil pun sukses menggandakan keunggulan.

Keunggulan 2-0 ini membuat Brasil sedikit mengendurkan serangan. Korsel mulai berani tampil menyerang dengan memasukkan duo bintangnya, Di Jong-Won (Sunderland) dan Son Heung-Min (Bayer Leverkusen). Dukungan terus mengalir dari suporter Korsel yang memadati Seoul World Cup Stadium. Pertandingan ini sanggup mencatatkan rekor penonton terbanyak dengan 65.300 penonton.

Di pertengahan babak kedua, Luis Gustavo hampir saja membuat skor menjadi 3-0. Sayang, sundulannya memanfaatkan umpan Neymar berhasil dihalau bek Lee Yong tepat di garis gawang. Hingga peluit panjang dibunyikan, skor 2-0 tidak berubah untuk kemenangan Brasil.

Pasukan Luis Felipe Scolari bersiap untuk menghadapi laga persabahatan selanjutnya melawan juara Piala Afrika 2012 Zambia yang akan dilaksanakan di Stadion Bird’s Nest di Beijing, China empat hari mendatang.

Susunan Pemain:

Korsel: Sung-Ryong, Jin-Su, Jung-Ho, Young-Gwon, Yong, Kook-Young, Sung-Yueng, Bo-Kyung, Ja-Chul, Chung-Yong, Dong-Won

Brasil: Jefferson; Daniel Alves, David Luiz, Dante, Marcelo; Luiz Gustavo, Paulinho, Oscar; Hulk, Neymar, Jo.