oleh

Brace dan Cetak 2 Gol, Debut Erling Haaland Sempurna di Liga Inggris

Erling Haaland mengukir 2 catatan apik usai tampil menggila bersama Manchester City di laga debut Liga Inggris 2022-2023. Salah satunya bahkan membawa Haaland mengikuti jejak Sergio Aguero di Manchester City.

Sebagaimana diketahui, The Citizens -julukan Man City- berhasil menekuk The Hammers -julukan West Ham- di Stadion London, Minggu 7 Agustus 2022 malam WIB. Pada laga itu, Man City yang tampil dominan sukses meraih tiga poin melalui dua gol Erling Haaland (36′ dan 65′).

Menariknya, Haaland menjadi pemain yang ramai diperbincangkan di publik sepakbola selepas laga itu. Pasalnya, ia telah menorehkan dua catatan apik saat debutnya kemarin bersama Man City di Liga Inggris.

Pertama, menurut laporan Opta Joe yang dikutip pada Senin (8/8/2022), Haaland menjadi pemain kedua The Citizens yang mencetak brace pada debutnya di Liga Inggris. Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh Sergio Aguero pada 2011.

Pada saat itu, Sergio Aguero mencetak brace ke gawang Swansea City. Sebab itu, saat ini Haaland dianggap sah menjadi pewaris Sergio Aguero.

“Erling Haaland adalah pemain Manchester City kedua yang mencetak dua gol pada debutnya di Liga Inggris, setelah Sergio Agüero pada Agustus 2011. Pewaris,” bunyi pernyataan Opta Joe.

Selain itu, Haaland menjadi sebutan kedua dalam sejarah Liga Inggris dengan mencetak gol melalui tendangan penalti. Setelah sebelumnya, rekor itu dipegang oleh Alexandre Pato saat membela Chelsea kala melawan Aston Villa pada 2016.

“Erling Haaland adalah debutan kedua dalam sejarah Liga Inggris yang memenangkan penalti dan kemudian berhasil mengonversinya, setelah Alexandre Pato untuk Chelsea pada April 2016 (vs Aston Villa),” tutup pernyataan Opta Joe.