oleh

Bos Manchester City Sheikh Mansour Punya 9 Klub Sepak Bola

City Football Group yang dimiliki Sheikh Mansour semakin menggurita di sepak bola internasional. Grup yang menaungi klub kaya raya Manchester City tersebut kini telah resmi mengakuisisi klub level kedua Belgia Lommel SK.

Lommel SK adalah klub kesembilan yang bergabung dengan City Football Group (CFG), yang memiliki saham di sejumlah klub di Amerika Serikat, Jepang, Australia, dan Tiongkok.

Seperti yang dilaporkan BBC Sport pekan lalu, CFG akan melunasi utang klub sebesar 1,75 juta poundsterling (sekitar Rp 32 miliar) sebagai bagian dari kesepakatan tersebut.

Lommel berada di urutan keenam dalam klasemen divisi kedua Belgia sebelum kompetisi ditangguhkan karena pandemi virus korona. Mereka bermarkas di Soevereinstadion yang berkapasitas 8.000 orang di bagian timur laut Belgia.

“Belgia adalah salah satu negara sepak bola terbaik Eropa seperti yang ditunjukkan oleh keberhasilan tim nasional dan pengembangan pemain kelas dunia, beberapa di antaranya kami kenal baik seperti Kevin de Bruyne dan Vincent Kompany,” kata CEO CFG Ferran Soriano.

“Investasi ini adalah bagian dari strategi jangka panjang kami untuk hadir di negara-negara sepakbola utama, memainkan sepak bola yang indah dan mengembangkan bakat.”

“Kami tertarik dengan budaya Lommel, fasilitas pelatihan dan komitmen terhadap pengembangan pemuda serta kami berharap dapat belajar dari pendekatan mereka dan membantu klub untuk berkembang di bulan-bulan dan tahun-tahun mendatang,” tambah Soriano.

CFG juga baru-baru ini telah membeli klub Liga Super India Mumbai City FC pada November tahun lalu.

Berikut Daftar Klub yang Tergabung dalam CFG
Manchester City (Inggris)
New York City (Amerika Serikat)
Melbourne City (Australia)
Yokohama F Marinos (Jepang)
Montevideo City Torque (Uruguay)
Girona (Italia)
Sichuan Jiuniu (Tiongkok)
Mumbai City (India)