oleh

Belanda Tunjukkan Kesiapan Piala Dunia 2014 Dengan Mengalahkan Hungaria 8 – 1

Belanda Pastikan Lolos Ke Putaran Final Piala Dunia 2014
Belanda Pastikan Lolos Ke Putaran Final Piala Dunia 2014

Belanda memastikan meraih satu tiket ke putaran final Piala Dunia 2014 setelah tak lagi terkejar dalam perolehan angkan di papan klasemen Grup D hingga laga ke delapan.

Kemenangan meyakinkan atas runner up Grup D, Hungaria, dengan skor 8-1, Sabtu (13/10) dinihari WIB di Amsterdam Arena menjadi penentu lolosnya Belanda ke Brasil.

Dengan kemenangan tersebut, Belanda kini memimpin klasemen dengan 22 angka dari delapan laga, unggul delapan poin dari Hungaria dengan laga masih menyisakan dua laga lagi.

Babak I

Tampil di markas Ajax, timnas Belanda sudah tampil menekan sejak awal laga. Tapi hingga sepuluh menit waktu berjalan, gawang Adam Bogdan belum mendapat ancaman berarti.

Baru di menit 16 Belanda bisa mencuri keunggulan. Robin Van persie menjadi pencetak gol dengan tendangannya dari dalam kotak penalti dengan Arjen Robben sebagai pemberi assists.

Hungaria berusaha membalas lewat aksi Balasz Dzsudzsak, namun masih gagal. Nasib yang sama juga dirasakan Daryl Janmaat dan Kevin Strootman dengan peluang mereka.

Di menit 25, keunggulan Belanda bertambah. Strootman menjadi pencetak gol dengan kepalanya setelah menyambut umpan silang Jeremain Lens.

Belanda terus menggempur jalannya pertandingan di paruh pertama ini. Gol ketiga pun tercipta di menit 38. Kali ini Lens yang menjadi pencetak gol dengan tendangan kaki kirinya.

Strootman nyaris memperbesar keunggulan Belanda beberapa menit kemudian, tapi bola hasil sepakannya hanya mampir di mistar gawang. Skor 3-0 tidak bertahan hingga turun minum.

Di menit 44, Van Persie mencetak gol keduanya di laga ini. Gol ini dilesakkan dengan sundulan kepalanya, memaksimalkan bola kiriman Robben. Belanda terlalu dominan bagi Hungaria di babak pertama.

Babak II

Usai turun minum, tim tamu langsung balik menekan. Gol cepat pun tercipta saat laga baru berjalan dua menit.

Berawal dari handball Jeffrey Bruma di kotak terlarang, Dzudzsak pun maju sebagai eksekutor dan menjalankan tugasnya dengan baik.

Skuat Belanda merespon dengan gol balasan di menit 53. Van Persie membukukan hattricknya di laga ini dengan tendangan keras kaki kiri dari dalam kotak penalti.

Gol bunuh diri Szilard Devecseri di menit 65 membuat Belanda memperbesar keunggulan mereka menjadi 6-1. Dan gol tersebut bukan merupakan gol terakhir dari tim tuan rumah.

Di menit 86, Rafael Van Der Vaart menyumbang satu gol lewat tendangan bebas. Robben juga menambah satu gol lagi empat menit kemudian, juga lewat tendangan bebas. Belanda akhirnya menang dengan skor meyakinkan 8-1.

Susunan Pemain
Belanda: Vorm, Blind, Vlaar, Bruma, Janmaat, Lens, Strootman, De Jong, Robben, Van Der Vaart, Van Persie

Hungaria: Bogdan, Guzmics, Korcsmar, Varga, Kadar, Vanczak, Koman, Dzsudzsak, Hajnal, Bode, Nemeth