oleh

Belanda Tim Eropa Paling Impresif di Piala Dunia 2014

Piala Dunia 2014 telah memasuki babak perempat-final, di mana delapan tim tersisa seluruhnya merupakan jawara di Grup masing-masing.

Perhelatan empat tahunan kali ini dinilai Raul Gonzalez sangat kompetitif. Ia menyebut kekuatan sepakbola dunia semakin merata. Delapan tim yang tersisa empat berasal dari Eropa, tiga dari Amerika Latin dan satu dari Amerika Tengah.

Raul yang merupakan eks pemain internasional Spanyol berucap bahwa Belanda jadi tim paling sensasional sejauh Piala Dunia bergulir. Terlepas dari penalti yang kontroversial, De Oranje disebut Raul menjalani turnamen dengan mulus dengan Arjen Robben menjadi amunisi terbaik racikan Louis van Gaal.

“Perempat-final menyajikan kekuatan yang merata dari sepakbola di dunia. Ada empat tim asal Eropa, tiga dari Amerika Latin dan satu datang dari Amerika Tengah. Belanda, Prancis, Jerman dan Belgia lolos, dan adil jika menyebut Belanda merupakan tim Eropa paling impresif di Brasil,” tulisnya dalam Times of India.

“Terlepas dari kontroversi gol kemenangan saat melawan Meksiko yang datang dari penalti, Belanda melewati perjalanan dengan mulus.

“Robin van Persie telah mencetak beberapa gol namun Robben tampil luar biasa. Tiga golnya, kecepatannya, penguasaan bola dan kemampuan untuk mengubah permainan, ditambah pengakuannya soal diving,” puji legenda Real Madrid itu.

Jelang partai kontra Kosta Rika, Raul menjamin Belanda bakal mendapat perlawanan keras dari Ticos. Lini belakang, dinilai Raul, paling riskan karena hilangnya sosok seorang petarung seperti Nigel de Jong. Yang absen karena masalah cedera.

“Ada kecemasan di lini pertahanan juga di lini tengah karena absenya Nigel de Jong. Meksiko telah memberi pelajaran dengan bermain terbuka untuk periode yang lama, mereka di bawah tekanan. Belanda dan Kolumbia merupakan tim yang hanya mengalami hal tersebut selama 90 menit dan bisa mengatasinya.”