oleh

Belanda Singkirkan Turki Dari Piala Dunia 2014 Skor Akhir 2-0

 

Gol cepat Arjen Robben dan Wesley Sneijder di masing-masing babak agaknya memberikan pukulan tersendiri. Turki kalang kabut di babak pertama.

Tuan rumah yang tertekan pun mampu membangun serangan untuk coba menjaga asa lolos ke Piala Dunia 2014, namun penyelesaian masih kurang. Alhasil, Belanda makin kokoh di puncak, sementara Turki gagal lolos ke Brasil.

Babak pertama
Baru tujuh menit laga dimulai, Belanda langsung unggul atas Turki lewat Robben. Pemain sayap Bayern Munich itu melakukan sepakan bebas dari sisi kanan lapangan. Demirel mengambil posisi yang kurang tepat dan gagal mengantisipasi bola Robben. Belanda unggul.

Laga berlanjut dan ritme permainan masih jadi milik Belanda. Tak lama setelah gol pertama terjadi, Sneijder melakukan tembakan dari luar kotak. Namun kedua percobaan gelandang itu masih mampi digagalkan oleh Cillessen.

Kesempatan Turki datang melalui Arda Turan. Menerima umpan Omer Toprak, Turan melakukan sepakan keras yang ternyata masih memungkinkan untuk digagalkan.

Walau Belanda mendominasi, pertandingan berjalan cukup seru. Kedua tim bertransaksi serangan dan Belanda berkali-kali datang mengancam lewat luar kotak penalti. Sayang, usaha tim Oranjemasih sekedar berbuah satu gol di babak pertama. 

Babak kedua
Gol cepat kembali mewarnai laga ini. Baru dua menit bergulir, Wesley Sneijder langsung menyematkan gol indah melalui kerjasamanya dengan Dirk Kuyt. Gelandang Galatasaray ini pun sukses menggandakan kedudukan Belanda.

Turki yang harapan lolosnya semakin tipis pun mencoba membangun serangan. Namun, inisiatif yang diarsiteki oleh Arda Turan masih mampu dihalau oleh Bruma dkk. Turki pun kesulitan untuk menembus pertahanan Belanda.

Belanda yang sudah unggul sedikit menurunkan tempo. Sementara itu, Turki pun langsung menghujani tamunya dengan serangan. Oranje hanya sesekali melakukan serangan balik yang amat merepotkan Turki.

Tuan rumah menyerang lebih teratur babak ini, namun penyelesaian yang buruk lagi-lagi jadi masalah. Skor 2-0 pun bertahan hingga peluit panjang dibunyikan. Belanda secara resmi menyingkirkan Turki dari Piala Dunia 2014. Tiket play-off kini dikuasai oleh Rumania.

SUSUNAN PEMAIN
Turki: Demirel; Gonul, Kaldirim, Toprak, Kaya; Turan, Adin, Topal, Inan; Yilmaz, Bulut. 
Belanda:
 Cillessen; Vlaar, Janmaat, Martins Indi, Blind; Robben, Sneijder, Fer, Clasie; Van Persie, Lens.