oleh

Bayern Munich lolos ke perempat-final Liga Champions usai menahan imbang Arsenal

[img]http://static.goal.com/377500/377581hp2.jpg[/img]
Bayern Munich memastikan diri lolos ke perempat-final Liga Champions usai menahan imbang Arsenal dengan skor 1-1 di Allianz Arena.

Kedudukan imbang itu membuat skuat asuhan Pep Guardiola unggul 3-1 secara agregat berkat kemenangan 2-0 yang diraih di Emirates Stadium pada pertandingan leg pertama babak 16 besar Liga Champions.

Babak Pertama

Bayern Munich memegang kendali permainan sepenuhnya di babak pertama, mereka mampu mendominasi dan tidak membiarkan Arsenal banyak membawa bola sehingga jarang tercipta tekanan ke gawang Neuer.

Peluang pertama didapat Bastian Schweinsteiger yang mencoba mengejutkan kiper Fabianski dengan tendangan jarak jauh di menit ketiga, tetapi kiper Arsenal tidak terlalu dibuat kerepotan.

Bayern terus menggempur pertahanan The Gunners, yang beberapa kali melakukan serangan balik cepat berbahaya melalui Oxlade-Chamberlain.

Bahkan, skuat asuhan Pep Guardiola sebenarnya berhasil mencetak gol di menit ke-27 setelah sontekan Martinez memanfaatkan umpan Thiago mampu menembus jala Fabianski, tetapi sayang gol itu dianulir wasit karena sang pemain sudah berada dalam posisi offside.

Peluang emas terakhir Bayern tercipta di menit ke-44, umpan Alaba dihalau dengan lemah sehingga jatuh ke kaki Mario Gotze di kotak penalti, dengan sekali kontrol ia langsung melepaskan tendangan voli, tetapi Fabianski masih sigap melakukan penyelamatan. Kegagalan itu membuat laga paruh pertama berakhir dengan skor imbang tanpa gol.

Babak Kedua

Bayern kembali lebih mendominasi permainan di awal babak kedua, bahkan mereka akhirnya sukses memecah kebuntuan ketika pertandingan baru berjalan sepuluh menit. Umpan silang Franck Ribery sukses menggapai Schweinsteiger yang kemudian mampu menaklukkan Fabianski.

Namun, The Gunners hanya membutuhkan waktu dua menit untuk bisa memaksa pertandingan kembali imbang. Lukas Podolski sukses menjebol gawang Neuer melalui tendangan kerasnya dari sudut sempit.

Skuat asuhan Arsene Wenger semakin percaya diri setelah itu dan mampu lebih mengimbangi permainan Bayern. Kesalahan Neuer, yang memberikan bola kepada Giroud,nyaris mampu dimanfaatkan oleh Arsenal, tetapi Martinez dengan sigap menghalau bola.

Namun, perlahan Bayern kembali mampu memegang kendali permainan. Skuat asuhan Guardiola memaksa Fabianski melakukan penyelamatan gemilang untuk dapat mempertahankan kedudukan imbang 1-1.

Bahkan, kiper kedua Arsenal itu mampu menepis tendangan penalti Thomas Muller di menit injury, yang didapat setelah Koscielny mendorong Robben di area terlarang. Kegagalan itu membuat skor imbang 1-1 bertahan hingga pertandingan usai.

Susunan Pemain

Bayern Munich: Neuer; Lahm, Martinez, Dante, Alaba; Schweinsteiger, Thiago, Robben, Götze, Ribery; Mandzukic

Arsenal: Fabianski, Sagna, Mertesacker, Koscielny, Vermaelen, Arteta, Ox, Cazorla, Özil, Podolski, Giroud