oleh

Bayern Munchen Juara Bundesliga Beruntun ke-10

Bayern Munchen resmi menjadi juara Liga Jerman usai menang 3-1 atas Borussia Dortmund dalam pekan ke-31 di Allianz Arena, Sabtu (23/4).

Munchen meraih gelar juara liga musim ini dalam partai penuh gengsi, Der Klassiker, melawan Dortmund dengan kompetisi yang tersisa tiga laga.

Gol-gol kemenangan Munchen dalam pertandingan itu dicetak Serge Gnabry pada menit ke-15, Robert Lewandowski (34′), dan Jamal Musiala (83′). Sementara gol balasan Dortmund datang dari penalti Emre Can (52′).

Kemenangan Bayern atas Dortmund dalam laga Der Klassiker membuat klub berjuluk FC Hollywood itu mengoleksi 75 poin dalam 31 pertandingan, sekaligus unggul 12 poin atas Dortmund sebagai rival terdekat.

Lewat keunggulan 12 poin Bayern dinobatkan sebagai juara Bundeliga musim ini karena tidak akan bisa lagi dikejar Die Borussen.

Gelar juara Liga Jerman musim ini jadi yang ke-10 secara beruntun bagi Bayern Munchen sejak 2012/2013. Total Die Bayern mengoleksi 32 gelar Bundesliga.Sementara itu bagi pelatih Julian Nagelsmann gelar ini merupakan yang pertama dalam kariernya baik sebagai pemain maupun pelatih.

Trofi Bundeliga adalah satu-satunya gelar juara yang diraih Munchen pada musim ini. Di Liga Champions Bayern Munchen disingkirkan Villarreal di perempat final, sedangkan di Piala Jerman disingkirkan Borussia Monchengladbach di babak kedua.

Meski perebutan gelar juara Liga Jerman telah usai, namun persaingan sengit menuju empat besar atau lolos ke Liga Champions musim depan masih sengit.

Bayer Leverkusen yang kini di peringkat ketiga dan RB Leipzig yang di peringkat keempat masih bisa terjegal tim-tim di bawahnya seperti: Freiburg, Unio Berlin, dan FC Cologne.